Ada 82 Siswa SMAN 1 Manado Lulus Jalur Prestasi Masuk di PTN Terkemuka di Indonesia

oleh -32 views

Kepala SMAN 1 Manado Jemmy James Jeremias saat diwawancarai awak media Rabu (27/03/2024) (Foto:ist).

Manado, Infosulut.id – SMA Negeri 1 Manado terus bangkit melahirkan para peserta didik yang berprestasi.

Sekolah yang di Pimpin Jemmy James Jeremias ini, pada Tahun 2024 mengikutkan siswa di Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) di sejumlah perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia.

Hasilnya, ada 82 siswanya lulus masuk perguruan tinggi jalur prestasi.

Kepala SMA Negeri 1 Manado, Jemmy James Jeremias Rabu (27/03/2024) mengatakan, setiap tahun siswanya banyak yang lulus Seleksi Nasional Berbasis Prestasi di sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

“Ya pada Tahun 2024 ini ada 82 siswa yang lulus jalur prestasi masuk di perguruan tingga negeri yakni Unsrat Manado, Unima, Udayana, Universitas Politekni Negeri Manado, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Hasanudin, Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro, Universitas Sumatra Utara,”kata Kepsek Jeremias.

“Misalnya ada satu siswa yang lolos Pendidikan Dokter di USU, dan ada juga 2 siswa yang lulus Pendidikan Dokter di Unsrat,” ujarnya.

Sedangkan siswa lainnya lulus di Program Studi (Prodi) Farmasi Unhas, Prodi Ilmu Pemerintahan Undip, Prodi Ilmu Akuntansi UI dan Prodi Aktuaria UI. Ada juga siswa yang diterima di Universitas Maritim Raja Ali Haji serta Politekhnik Negeri Manado.

“Karena pengumuman kelulusan itu langsung ke para siswa, sehingga kami masih mendata berapa total siswa yang lulus melalui jalur prestasi ini,” ujarnya.

Jemmy James Jeremias mengatakan, kuota SMAN 1 Manado untuk jalur prestasi atau SNBP adalah sebanyak 40 persen dari jumlah total siswa Kelas XII sekitar 600 orang. Kuota itu diperoleh karena akreditasi SMAN 1 Manado adalah “A”.

“Banyaknya siswa yang diterima melalui jalur prestasi di sejumlah universitas favorit di Indonesia ini, menunjukan kepercayaan perguruan tinggi pada SMAN 1 Manado terus meningkat. Kami bersyukur dengan hal ini,” tuturnya. (Kifli).