Wagub Kandouw Panen Ikan Mujair dan Sayur Hasil Inovasi Program Kamberu di SMAN 8 Manado

oleh -67 views

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw panen ikan mujair dan sayur di program Kamberu SMAN 8 Manado.( Foto: Smandel Cinematography).

Manado, Infosulut.id –  SMA Negeri 8 Manado pada Rabu (27/3/2024) pagi, didatangi langsung Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw bersama istri tercinta dr Kartika Devi Tanos Kandouw bersama rombongan.

Wagub setelah memotivasi para ribuan murid untuk terus giat belajar dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan dan perguruan tinggi.

Wagub mengapresiasi pihak sekolah yang telah membuat inovasi yang bagus seperti program Kamberu (Kampanye bertani urban).

Program ini merupakan sebuah rencana aksi wirausaha pertanian di SMA Negeri 8 Manado yang menggerakkan seluruh elemen sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan pertanian berkelanjutan sebagai proyek pembelajaran.

Kamberu terinspirasi dari satu bapak dari tarian maengket yang disebut maowey makamberu dimana gerak dan lagunya memggunakan syukur kepada Tuhan atas hasil pertanian yang berlipat ganda. Secara etimologis, “kamberu” berasal dari bahasa daerah suku-suku minahasa dan beberapa dialek menyebut juga “kan weru” yang berarti makanan baru.

“Inovasi-inovasi seperti ini yang diperlukan bagi para Kepala Sekolah,” ucap Kandouw.

Wagub ikut panen perdana ikan mujair dan sayur kangkung hasil program kamberu.

Kepala SMAN 8 Manado, Dra Mediatrix Ngantung menyampaikan, Program Kamberu ini merupakan sebuah rencana aksi wirausaha pertanian di Sekolah.

“Program ini menggerakkan seluruh elemen sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan pertanian berkelanjutan sebagai proyek pembelajaran,”tegas dia.

Diketahui, hadir juga mendampingi Wagub Sulut Steven Kandouw yakni Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Dr. Femmy Suluh, Kabid GTK Debby Mamangkey, Pengawas Bina.(Kifli).