Gotong Royong, Siswa SMA N 3 Bitung Bersih-Bersih Sampah di Pantai Lembe

oleh -79 views

Bitung, Infosulut.id – Ratusan siswa-siswi SMA Negeri 3 Bitung menggelar aksi bersih-bersih sampah di sepanjang Pantai Pulau Lembe Selatan dan Lembeh Utara Kota Bitung pada Jumat (27/01/2023) pagi.

Kepala SMAN 3 Bitung Goldfriet Ronny Sirfles Bawotong SPd MPd, mengatakan program bersih-bersih sampah di Pulau Lembe Selatan dan Lembeh Utara dilaksanakan untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan Upacara Adat Tulude Kota Bitung pada Sabtu (04/02/2023).

“Kegiatan aksi bersih-bersih dalam rangka mendukung dan menyukseskan program Acara Adat Tulude Kota Bitung dan juga agar pulau lembe ini terbebas dari sampah terutama sampah plastik,”ujar Bawotong.

Lanjut Bawotong, untuk aksi bersih-bersih dan gotong royong kali ini, sebayak ratusan Siswa/Siswi dari SMAN 3 Bitung yang diterjunkan.

Untuk itu Bawotong juga mengajak dan mengedukasi siswa, tentang pentingnya menjaga lingkungan dan membersihkan lingkungan dari sampah terutama di laut.

“Gerakan bersih-bersih ini harus menjadi contoh bagi masyarakat. Para pelajar dapat menjadi agen untuk mengedukasi masyarakat tentang kebersihan dan memilah sampah serta memanfaatkannya,” ungkap Kepsek.

Kegiatan ini sangat bagus kata Bawotong, siswa-siswi ini diajak bergotong royong. Ada nilai karakter yang tanamkan dengan keterlibatan langsung dan kepedulian-nya terhadap lingkungan

“Kita tidak mau kan planet tempat kita tinggal ini penuh dengan sampah. Maka adik-adik harus memiliki kesadaran untuk membiasakan diri mengolah sampah dan ikut peduli membersihkan sampah baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat,” katanya.

Ia berharap ke depan kegiatan semacam ini, tidak berhenti pada aksi bersih-bersih saja, namun ada aksi melakukan penanaman pohon dan penghijauan lingkungan. Para siswa, terlihat begitu antusias dan ceria sesekali diselingi dengan canda tawa, membersihkan dan memungut sampah plastik, kayu maupun sampah lainnya.(Kifli).