Tekan Angka Pengangguran, Pemprov Sulut Gelar Job Fair Virtual 2022

oleh -130 views

Manado, Infosulut.id – Program Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) dalam meningkatkan angka pekerja terus menuai hasil positif.

Sinyal ini terlihat pada pembukaan Job Fair Virtual 2022 Provinsi Sulut yang dibuka Asisten III Drs Gamy Kawatu di Luwansa Hotel Manado, Rabu (03/08/2022).

Ini karena di hari pertama ini tecatat hingga pukul 10.00 Wita sudah 1.145 pencari kerja (Pencaker) yang terdaftar.

Sementara ini khusus di Sulut sudah tersedia 97 lowongan pekerjaan yang disediakan 31 Perusahaan baik di sektor perhotelan, distributor, dan layanan kesehatan

Asisten III Pemprov Sulut, Asiano Gamy Kawatu menyampaikan apresiasi dan Terima kasih kepada Pusat Pasar Kerja Kemenaker yang mau bersinergi  dengan Pemprov Sulut

Job Fair Virtual ini merupakan kegiatan baru, sudah tahun kedua berjalan sejak Pandemi Covid 19.

Ia optimistis adanya kegiatan ini angka pengangguran di Provinsi Sulut akan makin turun

“Tahun lalu pengangguran kita di angka 7.8 persen tetapi di awal tahun ini turun di angka 6.5 persen, namun Itu belum cukup karena produk perguruan tinggi dan SMA/SMK dari tahun ke tahun outout cukup banyak,”ungkapnya.

Ketika Pandemi Covid 19 berlangsung sektor pariwisata Sulut mengalami kemandekan

“Karenanya Pak Gubernur mengatakan kegiatan ini penting,”ujar dia.

“Rupanya antusiasme pencari kerja cukup tinggi, bahkan belum dibuka sudah antre para calon tenaga kerja,”tambahnya lagi.

Katanya lebih diutamakan tenaga kerja asal Sulut, namun yang sifatnya membutuhkan skil khusus bisa rekrut dari luar.

Sementara itu melalui Sekretaris Komisi IV DPRD Sulut, Cindy Wurangian yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, Job fair virtual ini bukti nyata kerja
Pemprov Sulut.

“Kami DPRD Provinsi Sulut khususnya Komisi IV sangatlah mendukung dengan adanya kegiatan ini,”ungkapnya.

Lanjut Wurangian, Para pencari kerja dan Perusahaan pemberi kerja sangat dibantukan dengan adanya job fair ini dimana para pencari kerja dipermudah mendapatkan informasi atau akses masuk ke perusahaan dan pemberi kerja juga dipermudah mendapatkan para pencari kerja dengan lowongan yang mereka butuhkan.

“Kegiatan ini benar membawah manfaat bukan hanya seremonial saja dan ini adalah bukti nyatanya,”ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Disnakertrans, Erny Tumundo, Perwakilan Perusahaan, dan Kepala Disnaker kabupaten/kota.(Kifli).