Wakili Gubernur, Ini Harapan Kepala BKD Clay Dondokambey Saat Serah Terima Jabatan Kepsek

oleh -126 views

Manado, Infosulut.id – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut, Clay Dondokambey mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey didampingi Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut, dr Grace Punuh, M.Kes dan Sekertaris Dinas, Jefri Edwin Runtuwene SE MSi memimpin serah terima jabatan Kepala SMKN 6 Manado dan Kepala SMAN 1 Kalawat Guru Lombok.

Serah terima Kepsek di lingkungan Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut tersebut dilaksanakan pada Kamis (04/08/2022) di ruangan SDM Dikda Sulut.

Kedua Kepsek tersebut adalah Kepala SMA Negeri Guru Lombok, Dr. Florensia Rembet, M.Pd dan Kepsek SMK Negeri 6 Manado, Altje Salele M.Pd.

Dalam serah terima tersebut hanya mantan Kepsek SMKN 6 Manado yang berhalangan hadir karena sakit.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut, Clay Dondokambey menyampaikan, selamat bertugas kepada para Kepsek yang baru dan jadilah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang BerAKHLAK yakni Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN,”ungkapnya.

Lanjut Clay, BerAKHLAK sebagai
orientasi pada pelayanan dengan
memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan melakukan perbaikan tiada henti dan juga melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi dengan menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien dan tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

“Para ASN juga harus berkompeten dengan meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik,”jelas Kaban.

Sedangkan harmonis katanya,
menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain, membangun lingkungan kerja yang kondusif dan loyal
memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah serta menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

“Untuk adaptif sendiri yaitu cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, bertindak proaktif dan Kolaboratif
Yaitu memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama,”ungkapnya.

Lanjut Clay, ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kita harus dukung penuh misi pertama Gubrnur dan Wakil Gubernur yakni untuk peningkatan SDM dengan melahirkan para siswa yang berprestasi,”ungkap Kaban BKD.

Dijelaskan Clay, Gubernur Olly Dondokambey menitip 3 hal yang sangat penting yakni performance, produk dan organisasi.

” Pembangunan di Sulut terus digenjot dan kalau lulusan saat ni tidak siapkan SDM yang handal, maka anak-anak kita akan menjadi penonton di tanahnya sendiri,”jelasnya.(Kifli).