Sebanyak 10 SMA di Sulut Bersatu Latihan Bersama Siapkan Siswa Raih Juara KSN Tingkat Nasional

oleh -164 views

Manado, Infosulut.id – Dalam rangka mempersiapan siswa meraih juara Kompetisi Sains Nasional, maka sebanyak 55 Siswa dari 10 SMA di Sulut yang lolos KSN ke tingkat Provinsi tahun 2022 bersatu adakan latihan bersama.

Latihan bersama berlangsung di SMAN 1 Manado selama 2 minggu dimana minggu pertama offline dan minggu kedua daring yang dimulai Senin (25/07/2022).

Kepala SMAN 1 Manado, Jemmy Jeremias S.Pd M.Si saat ditemui Rabu (27/07/2022) mengatakan,
latihan bersama dilakukan guna untuk mempermantap persiapan sehingga siswa lebih siap untuk menang di KSN-P nanti dan bisa membawah medali juga di KSN tingkat nasional pada Bulan Agustus 2022 nanti.

“Kami di Sulut bersatu dengan membuang semua ego masing – masing Sekolah demi untuk mengharumkan nama baik Daerah di tingkat Nasional dan meningkatkan mutu pendidikan,”ungkap Kepsek.

Lanjut Jeremias, kolaborasi ini dilakukan karena kami berpikir untuk melahirkan siswa berprestasi demi Sulut hebat bukan hanya karena sekolah masing – masing.

“Kami bergabung selain melahirkan siswa berprestasi juga untuk mengurangi biaya yang tinggi dengan membayar pelatih secara patungan,”ungkapnya.

Lanjutnya, pelatihan bersama ini dilakukan agar juga mempermudah bisa memgakomodir siswa yang ada bakat dan berharap kedepan kami akan libatkan sekolah lain.

“Kami pakai pelatih atau pembina yang berkompeoten seperti Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI) adalah badan independen yang mewadahi pencarian bakat para Siswa di Indonesia,”kata Kepsek.

Dijelaskan Kepsek Jeremias, pelatihan bersama ini dilakukan dalam rangka untuk memenuhi harapan Pimpinan Daerah baik Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw dimana Sulut harus meraih prestasi untuk mengangkat mutu pendidikan.

“Kami bersatu dan siap mengangkat mutu pendidikan di Sulut dengan melahirkan para siswa yang berprestasi baik nasional hingga internasional,”kata Kepsek dengan nada optimis.

Adapun 9 SMA di Sulut yang lolos KSN tingkat Provinsi Sulut dan bersatu berkolaborasi adakan latihan bersama yakni :

1. SMA Negeri 1 manado ada 9 Siswa
2. SMA Negeri 2 Manado ada 7 Siswa
3. SMA Negeri 3 Manado ada 2 Siswa
4. SMA Negeri 7 Manado ada 2 Siswa
5. SMA Negeri 8 Manado ada 5 Siswa
6. SMA Negeri 9 Manado ada 15 Siswa
7. SMA Donbosco Bitung ada 2 Siswa
8. SMA Negeri 1 Romboken ada 3 Siswa
9.SMA Negeri 1 Langowan ada 6 Siswa

10. SMA Negeri 1 Bitung ada 4 Siswa

Penulis : Julkifli M