Melihat Penerapan Kurikulum Merdekan Mandiri Berubah di SMAN 2 Bitung

oleh -123 views

Foto : Saat kunjungan Kadis Dikda dr Geace Punuh, M.Kes di SMAN 2 Bitung

Bitung, Infosulut.id – Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) mulai diterapkan pada tahun ajaran 2022 ini dan semua sekolah pun diwajibkan menerapkan ini kepada peserta didik.

Khusus SMAN 2 Bitung melaksanakan kurikulum Merdeka Level 2, yaitu mandiri berubah berarti memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan

Kepala SMAN 2 Bitung, Dr Dems Reinerd Tandaju S.Pd MAP menyebutkan pihaknya telah menerapkan Iplelmentasi Kurikulum Merdeka (IKM) mandiri berubah.

” IKM saat ini dinilai memiliki banyak potensi yang dapat meningkatkan nilai bakat anak didik terutama di bidang teknologi dan lainnya. Jadi kita menerapkan IKM mandiri berubah ini hasil kesepakatan bersama,”ungkap Kepsek Tandaju.

Lanjut Kepsek, Dalam IKM ini banyak sekali potensi yang akan di terapkan terutama mengenai teknologi dan ini akan meningkatkan mutu pendidikan.

“Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi,”kata dia.

Lanjut Kepsek, kurikulum baru ini para guru akan memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

“Ya pembalajaran Kurikulum Merdeka berbasis proyek artinya lintas materi antar pelajaran atau tidak berdiri sendiri. Ketiga, lebih fleksibel karena sekolah berhak menentukan kurikulum tambahan ekstrakulikuler, atau muatan lokal,”tutupnya.(Kifli).