SMA Berkibar, SMAN 8 Manado Pengiriman Video Terbanyak Se-Indonesia

oleh -166 views

Manado, Infosulut.id – Jelang tahun ajaran baru, Kemdikbud Ristekdikti menggelar kegiatan SMA Berkibar, beraksi membela negara. Kegiatan ini dilakukan untuk menyongsong wajah baru pendidikan Indonesia dengan Profil Pelajar Pancasila (PPP). Untuk tahun ajaran 2022-2023 akan dipakai Kurikulum Merdeka, dengan salah satu elemen dasar yaitu Profil Pelajar Pancasila.

SMA Berkibar virtual adalah puncak kegiatan dari rangkaian pelaksanaan SMA Berkibar tahun 2022. Kegiatan ini merupakan aksi nyata dan implementasi bela negara seluruh pelajar SMA se-Indonesia. Tujuannya adalah agar siswa dapat memberikan kontribusi dan aksi nyata melalui kampanye dan challenge secara virtual. Selain itu, diharapkan juga agar siswa mampu menyebarkan suara aksi bela negara kepada sesama pelajar maupun masyarakat sekitarnya.

Sehingga akan terciptalah Profil Pelajar Pancasila sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka. Dengan harapan agar seluruh pelajar di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berbakti melalui kegiatan bela negara.

Untuk SMA Negeri 8 Manado, sebagai sekolah penggerak yang ada di Provinsi Sulawesi Utara ada ratusan Siswa – Siswi yang ikut serta dalam SMA Berkibar Virtual dan paling terbanyak Se-Indonesia yang mengirimkan video.

Ada 361 siswa yang kompak menghasilkan 140 karya video untuk meramaikan even SMA Berkibar dan Video-video ini bisa dilihat di Channel Youtube SMAN 8 Manado.

361 Siswa SMAN 8 Manado Persembahkan 140 Video Bela Negara dalam Even Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk SMA Berkibar Virtual 2022 .

Dalam proses produksi 140 video tersebut, ke-361 siswa ini tentunya ditemani dan diarahkan oleh para pengurus dan pendamping Ekskul Perfilman/Cinematografi SMAN 8 Manado selama satu bulan sejak 21 Juni hingga 24 Juli 2022.

Kepala SMAN 8 Manado, Dra Mediatrix Ngantung Kamis (28/07/2022) menyampaikan, dalam program SMA Berkibar Sekolah kami adalah paling banyak yang mengirimkan video Se-Indonesia.

“Sekolah kami paling terbanyak siswa mengirimkan video di Indonesia dimana kami ada 140-an Siswa yang ikut berpartisipasi,”jelasnya.

Kata Kepsek, Sekolah sangatlah bangga dimana para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan masuk paling terbanyak di Indonesia dan ada banyak sekali pesan khusus yang disampaikan lewat siswa dalam kegiatan SMA Berkibar.

Dalam Video Siswi SMAN 8 Manado Michel pun menuturkan bela negara diimplementasikan dalam kegiatan kemasyarakatan adalah gotong royong dengan saling membantu dan mencintai produk dalam negeri.

Hal berbeda pun diungkapkan Siswa Jonathan. Kata dia, bela negara selain kegiatan kemiliteran juga sebagai warga negara harus bayar pajak tepat waktu dan harus bertoleransi dengan hidup rukun dan damai.(Kifli).