SMKN 1 Ratahan Pamerkan Kreativitas Siswa Dihadapan Gubernur Olly

oleh -276 views

Minut, Infosulut.id – Kesungguhan SMK N 1 Ratahan dalam dunia pendidikan memang tidak salah satu contoh adalah ikut berpartisipasi dalam acara Pameran Pendidikan tingkat SMA/SMK dan SLB terpilih sebagai Sekolah penggerak dan SMK PK pada Puncak Acara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Provinsi Sulut pada Rabu (18/05/2022) yang di pusatkan di SMA Guru Lombok Kalawat Minahasa Utara.

Acara yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Daerah Sulut ini berlangsung selama 2 hari mulai 18-19 Mei 2022 dan diikuti oleh seluruh sekolah penggerak dan SMK PK baik negeri maupun swasta di Sulut.

SMK Negeri 1 Ratahan menjadi salah satu peserta pameran pendidikan dengan menunjukkan produk unggulannya yakni merancang konvor gas yang bisa dimatikan mellaui Android dengan memakai aplikasi.

Satu produk kreativitas unggulan siswa lainnya adalah memakai bahan bakar mobil dari air.

Gubernur sangat terharu dan bangga akan kreativitas Siswa karena sudah mampu melahirkan produk terbaru yang canggih.

Kepala SMKN 1 Ratahan, Tenny M. Ohy S.Pd M.Pd mengatakan, saat ini Sekolahnya mempunyai 8 program keahlian yakni teknik komputer jaringan, disain komunikasi visual, teknik instalasi tenaga listrik, teknik otomotif, otomatisasi tata kelola perkantoran, akuntansi dan perhotelan.

“Kami unggulkan adalah program keahlian teknik otomotif dan dijurusan ini ada 884 siswa saat ini,”jelasnya.

Kata Kepsek, saat ini sementara membuat bahan bakar mobil pakai air dimana air adalah H20 dan H adalah hidrogen atau gas sehingga bisa dimanfaatkan menjadi bahan bakar.

” Hidrogen, atau kadang disebut zat air, adalah unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki simbol H dan nomor atom 1. Pada suhu dan tekanan standar, hidrogen tidak berwarna, tidak berbau, bersifat non-logam, bervalensi tunggal, dan merupakan gas diatomik,” kata Kepsek.

Lanjutnya, target tahun ini 2022 akan selesai dibuat karena masih menunggu anggaran.

Untuk konvor gas yang bisa dimatikan lewat andorid kami pakai saklar otomotis yang tersambung dengan aplikasi jadi bisa dimatikan melalui HP dengan aplikasi smart Home system.

” Smart home system atau teknologi rumah pintar, mengacu pada pengaturan rumah yang nyaman di mana peralatan dan perangkat dapat dikontrol secara otomatis dari jarak jauh atau dari mana saja dengan koneksi internet,”ungkap Kepsek.

Sementara itu melalui Siswi SMKN 1 Ratahan Yolanda Kandouw yang didampingi Siswi Viona Kandouw kelas 11 ini mengungkapkan, sangatlah senang belajar otomotif.

“Kami suka jurusan kelahlian ini dan kami pilih sendiri karena suka dan minat,”jelas Yolanda Kandouw yang lahir 16 tahun lalu di Desa Liwutung Mitra ini.

Anak dari Youke kandou dan
Carla Sepang ini pun bercita – cita ingin menjadi pengusaha.(Kifli).