Tangkal Kejahatan Siber, Wagub Kandouw Launching Sulutprov-CSIRT

oleh -133 views

Manado, Imfosulut.id – Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang diberi nama Sulutprov-CSIRT telah resmi diluncurkan, bertempat di Hotel Four Point, Kota Manado, Rabu (20/4/2022).

Adapun launching Sulutprov-CSIRT, dilakukan langsung Wakil Gubernur Steven Kandouw mewakili Gubernur Sulut bersama Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen TNI (Purn) Hisar Siburian.

“Menjadi kebahagiaan bersama seiring dengan peluncuran Sulutprov-CSIRT hari ini,” ungkap Wagub Steven Kandouw.

Lanjutnya, Sulutprov-CSIRT akan menjadi instrumen dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber dan data pada sektor pemerintah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Badan Siber dan Sandi Negara RI, yang sudah menunjuk Provinsi Sulawesi Utara masuk dalam 15 tim CSIRT tingkat pemerintah daerah,” ujar Kandouw.

Wagub SK pun mengakui dengan adanya CSIRT di daerah Nyiur Melambai ini, tentunya sangat penting.

“Apalagi mencermati tujuannya yang adalah untuk melindungi data, identitas dan administrasi dari ancaman kejahatan siber yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” tandas Kandouw.

Dalam peluncuran ini hadir Asisten II Pemprov Sulut Praseno Hadi, Perwakilan Forkopimda, dan para jajaran BSSN serta Pemprov Sulut.(Kifli).