Ini Ditegaskan Wagub Kandouw Soal Pentingnya Antisipasi Inflasi di Rapat TPID dan TP2DD

oleh -203 views

Manado, Infosulut.id – Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw bersama para Bupati/Walikota serta Sekretaris kabupaten/kota dan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulut, Rabu (20/4/2022) menggelar Rapat TPID dan TP2DD.

Pada kesempatan ini, Wagub Sulut Steven Kandouw menjelaskan kegiatan HLM TPID digabungkan dengan HLM TP2DD, memang sangat relevan, di tengah upaya kita kini, membangkitkan perekonomian pasca diterjang pandemi, memulihkan ekonomi di daerah dengan percepatan dan perluasan digitalisasi, dan tentunya memastikan inflasi di daerah tetap terkendali, terutama menjelang Hari-Hari Besar Keagamaan, seperti Idul Fitri yang kesemuanya adalah untuk mendukung dan menciptakan kemajuan di daerah Bumi Nyiur Melambai.

“Karena kecenderungan kecenderungan peningkatan inflasi sering terjadi menjelang perayaan Idul Fitri, yang disebabkan antara lain harga komoditas yang bergejolak bahkan mengalami kenaikan,” ujarnya.

“Untuk mengantisipasi lonjakan harga, maka kami mengharapkan seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara, dapat memperhatikan perkembangan harga dan pasokan komoditas strategis di daerah masing-masing, serta menerapkan Peta Jalan Pengendalian Inflasi sebagimana telah disusun oleh masing-masing TPID,” tegas Kandouw.

Lanjutnya Wagub Kandouw, beberapa sub-program yang penting menjadi perhatian dan kita lakukan bersama menjelang periode HBKN Idul Fitri, yakni, Peningkatan stabilisasi harga dan stok bahan pokok berupa penguatan Cadangan Pangan Pemerintah, Fasilitasi distribusi pangan oleh Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Peningkatan kualitas dan keakuratan data harga dan pasokan serta untuk menjaga ekspektasi masyarakat melalui komunikasi rutin dan terpercaya.

“Dengan Peta Jalan (Road Map) yang disahkan, kiranya dapat diketahui dan dipahami oleh seluruh OPD dan RKUD yang berada di SK Struktur Organisasi Anggota TP2DD, untuk kemudian diimplementasikan agar terwujud elektronifikasi transaksi Pemda sesuai dengan timeline 2022-2025,” pungkas mantan Ketua DPRD Sulut ini.

Diketahui, acara dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut Arbonas Hutabarat MBA, Bupati/Walikota se-Provinsi Sulawesi Utara, Sekretaris Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota se-Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sulut serta undangan lainnya.(Kifli).