Mulai Hari Ini, RSUD ODSK Mulai Terima Pasien Umum dan BPJS Kesehatan

oleh -551 views

Tampak, bangunan RSUD ODSK yang menjadi kebanggan masyarakat di Sulawesi Utara. (foto: istimewa)

Manado, Infosulut.id – Fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit di Sulawesi Utara mulai bertambah dengan adanya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ODSK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Dimana pada hari ini Jumat ( 01/04/2022) telah mulai menerima pasiem umum dan pelayanan BPJS Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo.

“Mulai hari ini, RSUD ODSK sudah menerima pasien umum dan BPJS Kesehatan, sekaligus menerima pasian rawat inap,” kata dr Debie Kalalo didampingi Direktur Utama (Dirut) RSUD ODSK, dr Enrico Rawung Mars pada Jumat (1/4/2022).

Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo saat diwawancarai awak media.

Ia mengakui kedepan akan melakukan penambahan Sumber Daya Manusia (SDM), fasilitas dan peningkatan pelayanan yang akan diberikan RSUD ODSK untuk melayani masyarakat Sulut.

“Untuk itu, saya ingatkan lagi kepada seluruh jajaran RSUD ODSK agar dapat terus meningkatkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tuturnya.

“Pokoknya dalam pelayanan kita perlu menjaga pasien dengan baik, agar pasien yang keluar dari sini sehat. Ini yang menjadi pesan Bapak Gubernur Olly Dondokambey,” imbuhnya.

Kata dia, RSUD ODSK adalah rumah sakit tipe B yang merupakan rumah sakit rujukan Provinsi Sulut dengan dilengkapi Fasilitas yang cukup lengkap dan canggih yang akan melayani penyakit dalam, saraf, ginjal, mata, umum dan lainnya dan ini semua telah dibuka.

” Kami sangat berterima kasih kepada bapak Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulut, Drs. Steven Kandouw dan Sekprov Asiano Gemmy Kawatu yang telah memberikan fasilitas kesehatan ini yang begitu lengkap,”ungkapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama RSUD ODSK dr Enrico Rawung menuturkan, awalnya RSUD ini akan membuka 50 tempat tidur untuk pasien umum dan BPJS Kesehatan.

“Jadi, kita melakukan kegiatan sesuai standar dan sesuai Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, dan itu sudah diatur. Pokoknya, sesuai arahan pimpinan yakni pak Gubernur Olly dan pak Wagub Steven Kandouw, kita memberikan pelayanan yang terbaik sesuai tupoksi yang ada,” bebernya.

Lanjut Enrico, setelah dilantik langsung lakukan percepatan dengan memberikan layanan sepenuhnya baik rawat jalan, inap dan umum serta pelayanan BPJS Kesehatan.

” ya mulai 1 April hari ini kita ciptakan momentum besar dan masyarakat pun telah menantikan RSUD ODSK ini,” jelasnya.

Kata dia, bangunan dan sarana prasarana sangat memadai apalagi dengan adanya dukungan penuh dari bapak Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Stevwn Kandouw, Sekprov Asiano Gemmy Kawatu, Kadis Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo.

” SDM disini sudah diatas 80 persen dengan total sementara tenaga medis ada 300-san diantaranya dokter spesialis, umum, gigi, perawat dan tenaga penunjang lainnya,”ungkapnya.

Lanjutnya, rumah sakit ini mulai berjalan sambil melengkapi kekurangan dan kedepan akan memenuhi semua perlengkapannya dan SDM.

“Intinya kami siap memberikan pelayananan yang terbaik kepada masyarakat dan satu lantai ada 50 tempat tidur minggu ini dibuka dan minggu depan akan dibuka lantai 2 hingga lantai 10 denga kapasitas saat ini yang kami persiapkan ada 380 tempat tidur,”katanya.

Lanjut dr Enrico, yang menjadi layanan unggulan di RSUD ODSK adalah pelayanan ginjal dan kami juga perhatikan aspek edukasinya bagaimana orang masih sehat agar tidak kena penyakit ginjal juga.

” Dalam pelayanan cuci darah tidak ada lagi yang antri karena kami akan buka pendaftaran melalui Watsapp, aplikasi dan kami akan juga melakukan layanan antar jemput pada pasien,”jelasnya.

Kata beliau, mereka jugu diminta bapak Gubernur, Wagub, Sekprov dan Kadis Kesehatan Sulut agar memberikan layanan terbaik untuk kepentingan masyarakat.

” Kami disini utamakan aspek sosial dengan tidak kesampingkan aspek bisnis agar rumah sakit ini tidak bangkrut dengan melakukan kaida – kaida bisnis yang profesional,”tutupnya. (Kifli).