Lewati Batas Waktu, DAK Rehab Ruang Belajar di SMK Cokroaminoto Kotamobagu Ganggu Siswa Belajar

oleh -249 views

Kotamobagu, Infosulut.id – Rehab 9 ruang belajar di SMK Swasta Cokroaminoto Kotamobagu telah melewati batas waktu pengerjaan.

Proyek DAK 2021 untuk rehabilitasi ruang kelas sekolah beserta perabotnya dengan nilai kontrak Rp 1.054.445.000 dilaksanakan oleh CV. Altraco

Ironisnya meski sudah melewati batas waktu, sejumlah pekerjaan juga dinilai tidak sesuai dengan perencanaan, termasuk pengadaan meubeler.

Pantauan wartawan di SMK Cokroaminoto Kotamobagu, Selasa (29/3/2022), ada papan proyek yang bertuliskan batas waktu pelaksaan selama 150 hari terhitung 19 Juli -16 Desember 2021. Informasi yang diperoleh, ada perpanjangan waktu pekerjaan hingga 21 Maret 2022.
Namun hingga Selasa kemarin, tampak sejumlah pekerja masih menyelesaikan berbagai pekerjaan seperti pemasangan plafon dan lainnya.

Sejumlah pintu juga belum terpasang, dan masih dibiarkan di samping dinding ruangan. Sedangkan ada beberapa ruangan yang sama sekali belum terlihat ada pintu yang baru.
Selain itu, untuk pengadaan meubeler berupa meja belajar juga masih kurang. Dari jumlah total sebanyak 100 meja yang harus diadakan, hingga kemarin baru tersedia sebanyak 30-an meja.

“Ya, seperti ini kondisi pekerjaan rehab ruang belajar di sekolah kami. Sudah tertunda penyelesaian pekerjaan ini beberapa waktu,” ungkap Kepala SMK Cokroaminoto Kotamobagu Aria Sukma Mala saat ditemui di sekolahnya, Selasa (29/3/2022).

Mala mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan kepada pihak ketiga yang mengerjakan proyek tersebut untuk segera menuntaskan pekerjaan sesuai dengan rencana. Namun hingga kini belum juga selesai.

“Dampaknya adalah anak-anak belum bisa belajar di ruang kelas karena pekerjaan rehab belum selesai. Mereka terpaksa menggunakan ruangan lain seperti laboratorium untuk belajar,” ujar Mala.

Terkait kondisi ini, Mala juga sudah menyampaikan ke pihak Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, khususnya pihak pengawas pekerjaan.

“Kami berharap pekerjaan ini bisa segera tuntas, sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. tidak lagi terkendala kondisi ruangan,” ujarnya.

Diketahui, SMK Cokroaminoto merupakan SMK dengan jumlah siswa terbanyak di Sulut. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah siswa mencapai 1922 orang. Mereka tersebar di delapan jurusan.(KM).