Inovasi Dimasa Pandemi, Pelajar di SMAN 1 Kendahe Berhasil Membuat Rangkaian Arus Listrik Menggunakan Lab Virtual

oleh -267 views

Siswa Kelas XII MIA Membuat Rangkaian Arus Listrik Menggunakan Lab Virtual.(Foto:Istimewah).

Sangihe, Infosulut.id – Inovasi dan kreativitas dimasa pandemi terus dilakukan dan kali ini para pelajar dari Daerah Kepulauan Sangihe yang berbatasan langsung dengan Negara Filipina yakni di SMAN 1 Kendahe berhasil membuat rangkaian arus listrik menggunakan Lab Virtual.

Dalam kegiatan pembelajaran di semester genap tahun ajaran 2021/2022 SMA Negeri 1 Kendahe masih melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dengan tetap mengacu pada regulasi pemerintah yaitu penerapan protokol kesehatan serta pembatasan durasi jumlah jam pembelajaran, dan tentunya berdasarkan data bahwa seluruh warga Sekolah sudah divaksin.

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Fisika, melalui Guru Mata Pelajaran Marshintya F. Pangandaheng, S.Pd melaksanakan konsep pembelajaran blended learning, dimana pembelajaran ini merupakan sebuah proses pembelajaran yang mengkolaborasikan strategi tatap muka di ruang kelas dan pembelajaran daring (online), ujar Pangandaheng.

Dengan menggunakan aplikasi google classroom sehingga pada pembelajaran Fisika kali ini, siswa-siswi melakukan praktikum virtual menggunakan phet Simulation. Sebelum memulai praktikum siswa diberikan video tutorial kemudian siswa mencoba sendiri atau berkelompok praktikum virtual berdasarkan LKPD yang diberikan. tegas Ibu Guru yang ramah dan murah senyum ini.

Kata dia, Selama pembelajaran, siswa antusias bahkan saat praktikum mereka berhasil, mereka sangat senang dan puas atas pencapaiannya. 

” Kami sangat senang dan juga antusias ketika mengikuti pembelajaran Fisika karena kami diberikan kesempatan secara langsung untuk bereksperimen dengan memanfaatkan teknologi untuk membuat rangkaian arus listrik menggunakan Lab Virtual,” ujar beberapa siswa Kelas XII MIA.

Sementara itu, Plt Kepala SMAN 1 Kendahe, Jevery Paat, S.Pd mengungkapkan apa yang dilakukan para siswa adalah merupakan sebuah langkah maju dalam hal proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Kendahe.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja dari semua Guru-Guru baik itu ASN, THL, maupun GTT yang dengan penuh semangat melaksanakan tugas pokok dalam hal mengajar dengan kreatifitas dan inovasi seperti yang dilakukan oleh Ibu Marshintya sebagai Guru Fisika dengan memanfaatkan teknologi dan sumber belajar melalui pembelajaran blended learning,” kata KepsekJevery.

Kepsek Paat pun berharap selaku pimpinan kiranya semua Guru nantinya dapat berinovasi dan berkreasi dalam proses pembelajaran di era digitalisasi dan merdeka belajar ini.(Kifli).