Memutus Penyebaran Covid-19, SMKN 2 Bitung Gelar Praktik Siswa Di Sekolah

oleh -666 views

Foto : Para Siswa Jurusan Listrik Sedang Melakukan Praktik Di Sekolah

Bitung, infosulut.id – SMK Negeri 2 Bitung pada praktik dimasa pandemi Covid-19 kali ini, dilaksanakan di Sekolah dimana sebelum pandemi dilaksanakan di Dunia Usaha Dan Dunia Industri.

Foto : Kepala SMK Negeri 2 Bitung Meryati Taengetan S.Pd

“Ya kami terpaksa harus menggelar praktik di Sekolah demi untuk memutus penyebaran Covid-19 dan menghindari munculnya klaster Sekolah,” Kata Kepala SMK Negeri 2 Bitung Meryati Taengetan S.Pd Jumat (09/10).

Kata Kepsek Meryati, biasanya para siswa PKL terjun kelokasi Dunia Usaha dan Dunia Industri, tetapi dengan adanya Pandemi Covid-19 maka para siswa melakukan praktik hanya di lingkungan Sekolah dengan menghadirkan instruktur pengajar dari DuDi.

“Pelaksanaan PKL SMK di DuDi menunggu sampai pandemi Covid-19 benar-benar berakhir atau sudah aman agar bisa kembali melaksanakan aktivitas seperti biasa. Menurutnya PKL juga sulit dilaksanakan dalam waktu dekat karena banyak DUDI yang belum beroperasi dengan baik. “DUDI juga masih belum stabil,” ujar Kepala SMKN 2 Bitung, Meryati.

Dijelaskan Meryati, Siswanya yang mengikuti PKL biasanya ditempatkan di DUDI atau perkantoran sesuai dengan kompetensi keahlian mereka.

“Pelaksanaan praktik tetap dilaksanakan di Sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan cegah penularan Covid-19. Hal itu dikarenakan tidak semua praktik bisa dilaksanakan secara daring,” Ungkap Kepsek.

“Memang tidak semua yang praktik bisa secara daring, misalnya menyambung kabel atau di bengkel tidak bisa daring,” katanya.

Dijelaskannya, Penerapan protokol kesehatan saat praktik di Sekolah tetap bisa dilakukan, karena memang pelaksanaan praktik di beberapa kompetensi keahlian secara tidak langsung tidak dilakukan secara berkerumun dan hanya beberapa siswa yang masuk secara bergantian.

Beliau menjelaskan, praktik sangat penting di SMK, karena siswa harus mengalami langsung tindakan yang berkaitan dengan skill atau kemampuan kompetensi yang dipelajari. Keterampilan praktik kejuruan tidak bisa hanya dilakukan dengan daring

“Siswa SMK harus diasah skill-nya supaya jadi kompeten di bidangnya masing-masing. Dengan hadir di sekolah mereka belajar Project Best Learning atau pembelajaran berbasis membuat produk nyata yang mulai dari perencanaan desain, proses pembuatan, dan kontrol kualitasnya didampingi oleh gurunya,” jelas Kepsek. 

Sementara menurut Alsius Lagu guru keahlian jurusan Listrik ini mengatakan, khusus di kejuruannya ada 48 Siswa kelas 12 yang sekarang sementara Praktik di Sekolah.

Foto : Alsius Lagu guru Keahlian Jurusan Listrik di SMK N 2 Bitung.


“Ada 5 – 7 orang Siswa dalam sehari yang melakukan praktik di Sekolah yang tersebar didua ruangan dan sebelum masuk wajib mengikuti protokol kesehatan,” Ungkapnya.

Dijelaskan Alsius, mereka para Siswa wajib mencuci tangan sebelum masuk ruangan, pakai masker, menjaga jarak, dan semua peralatan praktek juga disemprot disinfektan.

“Paling lama 3 jam per hari mereka praktik dengan diawasi 1 orang guru,” Jelas dia.

Lanjut dia, para siswa juga buat surat pernyataan dari orang tua bahwa memberikan izin datang praktik di sekolah.

Alsius berharap agar pandemi ini akan cepat berakhir sehingga proses kegiatan belajar mengajar bisa normal kembali.

Penulis : Julkifli Madina



Tinggalkan Balasan