KPU Sulut Gelar Media Gathering Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut 2024

oleh -8 views

Manado, Infosulut.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Madia Gathering Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2024 di Lapangan Basket Megamas Manado pada (01/05/2024).

Awaludin Umbola selaku Ketua (Plh) KPU Provinsi Sulut mengatakan bahwa saat ini sebetulnya tahapan Pemilu 2024 belum selesai, akan tetapi tahapan Pilkada 2024 harus sudah mulai jalan.

“Status Pilkada akan segera kita mulai, tahapannya Pilkada sudah kita mulai walaupun sampai dengan saat sekarang keberadaan teman-teman kami komisioner masih berada Jakarta mengurus kaitannya dengan risiko dari Pemilu kita yaitu perselisihan hasil pemilihan di Mahkamah Konstitusi itu adalah tahapan terakhir dalam proses Pemilu”, ujar Umbola.

Hal ini menurut Awaludin Umbola harus dijalankan karena KPU sebagai penyelenggara tetap komitmen dengan jadwal.

“Akan ada tahapan yang beririsan, akan ada tahapan yang nantinya akan bersamaan dengan tahapan ini sehingga dijalankan secara bersamaan karena secara keseluruhan ini sudah menjadi komitmen kita sebagai penyelenggara pemilu yang bekerja berdasarkan undang-undang No 7 dan berdasarkan undang-undang No 10 ini menjadi komitmen kita maka kita harus bisa menyatakan siap untuk melaksanakan Pilkada di 2024 ini”, jelas Umbola.

Umbola menginfokan kepada para media bahwa pada saat ini proses seleksi untuk PPK sedang berlangsung, dan pada tanggal 2 Mei nanti akan diumumkan untuk persiapan seleksi
PPS.

Dalam kegiatan ini pun hadir narasumber yakni Ferry Liando yang juga merupakan Dekan Fisipol Unsrat. Menurutnya dengan media gathering ini tentunya dapat membantu KPU dalam publikasi kegiatan-kegiatan nantinya.

“Jadi ini merupakan bekal bagi KPU bagaimana memastikan proses Pilkada ini berjalan dengan baik, karena selain juga membantu teman-teman KPU dalam rangka mempublikasikan kegiatan-kegiatan persyaratan tentu yang paling penting di sini adalah ini bagian dari komitmen teman-teman KPU dalam menjalankan tahapan mereka itu akan selalu transparan selalu terbuka tentu kalau misalnya mereka ada tertutup tidak mungkin ada undangan-undangan seperti ini tapi mereka terbuka untuk ada masukan ada saran ada koreksi”, jelas Dekam Fisipol Unsrat ini.

Lebih lanjut Liando pun mengatakan bahwa proses pemilihan dapat berjalan dengan baik bila ada peran serta dari pihak eksternal.

“Untuk prosesnya Pilkada ini berjalan bagus tentunya peran serta dari eksternal itu penting, stakeholder itu penting terutama teman-teman media kita untuk pertama kali kita melaksanakan Pemilu dan Pilkada itu dalam tahun yang sama, ini tantangannya sangat berat terutama bagi penyelenggara pemikiran besar Bapak Ibu sekalian akan ada tahapan-tahapan Pemilu yang belum selesai sementara tahapan Pilkada itu sudah mulai harus berjalan, dan ketika diperhadapkan pada dua pekerjaan yang sangat berat bagaimana mempersiapkan tenaga-tenaga tersebut, bagaimana mengelola anggaran yang baik kemudian bagaimana juga melibatkan partisipasi publik”, ungkap Liando.(Kifli).