DPRD Paripurnakan LKPJ Gubernur Sulut Tahun 2023

oleh -13 views

Manado, Infosulut.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, menggelar Rapat paripurna dalam rangka Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Gubernur Sulut, Selasa (26/03/2024) Ruang rapat paripurna.

Sebelumnya rapat diawali dengan pembacaan surat masuk yang dibacakan oleh sekretaris DPRD Sulut Sandra Moniaga.

Selanjutnya rapat dilanjutkan dengan penyampaian singkat dari ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen. namun di tengah-tengah penyampaian Andi tiba-tiba terdengar suara interupsi dari salah satu anggota DPRD yakni Jems tuuk .

“Interupsi pimpinan sebelum paripurna ini di lanjutkan, apalagi kita sedang membahas laporan pertanggung jawaban gubernur tahun 2023, tolong dijelaskan kepada kami kenapa tiga wakil pimpinan tidak hadir di rapat paripurna kali ini,” sahut Jems

Kemudian di tempat yang sama, pimpinan sidang paripurna yakni Andi Silangen menjelaskan bahwah ke-3 wakil ketua DPRD Sulut tersebut sedang menjalankan kegiatan lain.

“Jadi ketiga teman sejawat kita, ketiga pimpinan dewan sudah minta ijin ke saya ada kegiatan, itu yang disampaikan kepada saya,” jawab Silangen.

Setelahnya rapat dilanjutkan dengan mendengarkan penyampaian yang disampaikan oleh gubernur Olly Dondokambey.

secara garis besar Gubernur Olly menyampaikan gambaran upaya, kerja dan kinerja, beserta progress report dan hasil capai dari penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan di Provinsi Sulut pada tahun 2023

Kemudian Terkait kebijakan umum pemerintahan daerah di tahun 2023, gerak roda pemerintahan, pembangunan dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di Sulut mengacu pada 5 misi pembangunan daerah, dalam rangka pencapaian visi 2021-2026 Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik.

“Misi pertama, peningkatan kualitas manusia Sulut diupayakan pada pencapaian sasarannya, yakni: meningkatnya derajat kualitas sumber daya manusia, Misi kedua, penguatan ekonomi yang bertumpu pada industri, pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa, diupayakan pada pencapaian sasarannya, yakni: meningkatnya derajat ekonomi masyarakat,” kata gub olly

Misi ketiga, pembangunan infrastruktur dan konektivitas yang memadai, diupayakan pada pencapaian sasarannya, yakni: meningkatnya infrastruktur dan konektivitas.

Misi keempat, pembangunan daerah yang berkelanjutan, diupayakan pada pencapaian sasarannya meningkatnya pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

“Misi kelima, pemerintahan yang baik dan bersih didukung oleh sinergitas antar daerah, diupayakan pada pencapaian sasarannya, yakni: meningkatnya kapasitas tata Kelola pemerintahan,” pungkas Gubernur Olly Dondokambey.

(Advetorial DPRD Sulut).