Kadis Dikda Suluh : Pada Tahun 2024 Semua Sekolah Sudah Berbasis Digital

oleh -163 views

MKKS SMA Provinsi Sulut gelar pertemuan di SMA Negeri Guru Lombok Kabulaten Minahasa Utara pada Rabu (17/01/2024).

Minut, Infosulut.id – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Provinsi Sulut menggelar pertemuan di SMA Negeri Guru Lombok Kabulaten Minahasa Utara pada Rabu (17/01/2024).

Pertemuan tersebut dibuka langsung oleh Asisten 1 Setda Provinsi Sulut, DR. Denny Mangala mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, DR. Femmy Suluh berterima kasih kepada para Kepala Sekolah karena Sulut dapat beberapa penghargaan di dunia pendidikan yang diteri langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey dan ini adalah kontribusi nyata dari para bapak ibu Kepala Sekolah.

“Semoga semangat ini dipertahankan dan lebih maju lagi kedepan serta banyak inovasi dan terobosan yang dilakukan,”ungkap Suluh.

Lanjut Kadis Suluh, pada Tahun 2024 ini ditargetkan Sekolah sudah berbasis digital.

“Memang sudah ada 5 Sekolah rujukan google yakni SMAN 1 Manado, SMAN 7 Manado, SMAN 3 Manado, SMAN 8 Manado dan SMAN Guru Lombok Minut,”ungkap Kadis Suluh.

Lanjut Kadis, mereka nanti menjadi sekolah unggulan baru dan Program Sekolah Rujukan Google adalah program yang diberikan kepada sekolah yang telah menggunakan berbagai teknologi Google for Education dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sekolah ini nantinya menjadi contoh bagi sekolah lain.

Diketahui, Google for Education bukan hanya melakukan perubahan dari kertas ke digital melainkan juga perubahan mindset guru, siswa, dan orang tua. Google for Education memperkenalkan transformasi digital dalam pembelajaran siswa, bagaimana siswa belajar, bagaimana guru mengajar, dan bagaimana transformasi tersebut memaksimalkan potensi siswa.

Pemanfaatan chromebook dan akun dalam kolaborasi antar kelas, kolaborasi antar kabupaten/provinsi, dan kolaborasi antar negara. Cara mulai memanfaatkan chromebook dan akun di kelas dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:

1) Mercusuar -Menggunakan 1 chromebook untuk presentasi dengan proyektor-,

2) Api unggun -siswa dibagi dalam kelompok dan diberikan 1 unit chromebook lalu berdiskusi melalui chromebook dan akun pembelajarannya-,

3) Duet -2 siswa menggunakan chromebook secara bersamaan dan membahas tugas yang sama dengan akun pembelajarannya-, dan

4) Orkestra -siswa menggunakan chromebook 1:1 sehingga setiap siswa dapat fokus meningkatkan pengalaman belajar lebih mendalam.(Kifli).