Program Fulbright Kerjasama Amerika dan Indonesia, SMKN 3 Manado Didatangi Guru Pendamping Bahasa Inggris

oleh -56 views

Manado, Infosulut.id – Indonesia-Amerika Serikat Perkuat Kerja Sama Pendidikan dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony J. Blinken, menandatangani memorandum saling pengertian (MSP) Indonesia-Amerika Serikat di bidang pendidikan pada 2021 lalu.

Diterangkan Mendikbudristek, melalui penandatanganan kerja sama ini, Indonesia dan Amerika Serikat sepakat memperkuat kerja sama salah satunya dalam bentuk peningkatan program-program pengajaran bahasa.

Untuk di Provinsi Sulawesi Utara sendiri, ada 2 Sekolah yang dipilih dan salah satunya adalah SMKN 3 Manado.

Kepala SMK Negeri 3 Manado, Silvia Ransulangi, S.Pd, MM saat ditemui di Sekolahnya membenarkan adanya program kerjasama tersebut.

“Ya betul Sekolah kami dipilih dan mendapat program tersebut dan akan ada 1 orang guru dari Amerika Serikat yang akan datang dan mendampingi guru bahasa inggris kami untuk mengajar,” jelas Kepsek Ransulangi.

Kata Ransulangi, Sekolahnya sangat bersyukur bisa dapat program kerjasa Amerika dan Indonesia ini.

“Guru bahasa inggris dari Amerika ini akan mendampingi guru bahasa inggris kami mulai Bulan Agustus 2023 – 2024 selama 8 Bulan,”katanya.

Diketahui, program Fulbright diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kerjasama masyarakat Indonesia dan Amerika melalui pendidikan dan pertukaran budaya oleh pemerintah Indonesia dan AS.

Program Fulbright adalah program pertukaran akademik utama pemerintah AS dan aktif di 160 negara di seluruh dunia, 49 negara di antaranya dikelola oleh Komisi Fulbright. Program ini dimulai 70 tahun yang lalu pada tahun 1952 di Indonesia dan telah membantu lebih dari 3.000 orang Indonesia dan 1.500 orang Amerika untuk belajar, mengajar, atau melakukan penelitian di negara lain.(Kifli).