Sebanyak 21 Siswa Kelas XII SMAN 3 Tahuna Barat Ikut Penamatan di Sekolah

oleh -44 views

Tahuna, Infosulut.id – SMAN 3 Tahuna Barat menggelar acara penamatan siswa Kelas XII pada, Jumat (12/5/2023), bertempat di sekolah tersebut, yang berada di Kelurahan Kolongan Mitung, Kecamatan Barat, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut.

Ini merupakan penamatan angkatan ke-5 SMAN 3 Tahuna Barat, setelah sebelumnya para siswa dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan yang telah dilaksanakan pada 5 Mei 2023 silam.

Penamatan siswa SMAN 3 Tahuna Barat ini diawali dengan ibadah syukur dipimpin oleh Pdt Ellen Damasar Kansil STh. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan ijazah dan piagam penghargaan bagi siswa berprestasi.

Penyerahan ijazah dilakukan oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum Drs Bahagia Diamanis, Kepala SMAN 3 Tahuna Barat Jane Maria Jeanetha Suawah SPd, Kasie Pembinaan SMA/PKLK Cabdin Sangihe Ruddy D Rompas SE MPd, dan Kepala Cabang Dinas Sangihe Drs Jusran H Gahansa.

Suawah dalam sambutannya menekankan pentingnya komunikasi dan kolaborasi antara sekolah, keluarga dan masyarakat sebagai trisentra pendidikan. Menurutnya, saat ini pengetahuan tidak hanya bisa diperoleh dari guru, tetapi dari berbagai sumber bahkan dari internet.

“Selain pengetahuan, yang utama adalah karakter. Karakter itu berawal dari keluarga,” ujar Suawah yang adalah Guru Penggerak dan Pengajar Praktik Kota Tomohon ini.
Menurutnya, di sinilah pentingnya komunikasi antara keluarga atau orang tua, sekolah dan masyarakat tempat siswa mengembangkan nilai dan karakter.

“Karena menjadi orang baik adalah sesuatu yang penting, sejalan dengan yang dikemukakan oleh pendeta dalam ibadah syukur,” ujar Suawah.

Sementara itu, Drs Jusran H Gahansa dalam sambutannya mengajak para siswa untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Ada berbagai jalur yang tersedia seperti SNBP ataupun SNBT, juga ada sekolah-sekolah kedinasan.
“Saya mengajak seluruh komponen sekolah untuk meningkatkan kompetensi dan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa lewat penerapan Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Di tahun ajaran 2023/2024 nanti, SMAN 3 Tahuna Barat akan menerapkan Kurikulum Merdeka dengan rekomendasi mandiri berubah.

Rangkaian acara ditutup dengan ucapan terima kasih oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dra Meutia F Lambanaung serta acara ramah tamah dan rekreasi bersama siswa, orang tua dan guru.
Kegiatan ini terselenggara karena kolaborasi siswa, orang tua siswa juga tim kecil yang terdiri dari Wali Kelas Meilan Mandalika SPd dan Selvianti Karinda SPdK.

Rangkaian kegiatan ini dihadiri Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Christy M Tamasala STh, dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana Nirhein Lahopang SPd serta para guru.
Siswa SMAN 3 Tahuna Barat yang lulus pada tahun ini, untuk Kelas XII MIA sebanyak 8 orang yang terdiri dari 2 laki-laki, dan 6 perempuan. Sedangkan kelas XII IIS sebanyak 13 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 5 perempuan.(Kifli).