Praktik Siswa Tata Boga SMKN Pariwisata Manado Buat Roti dan Pisang Nugget

oleh -153 views

Praktik Siswa Tata Boga Kelas X di SMKN Pariwisata Manado dipantau Kepsek Sem Kadimateng S.Pd M.Pd pada Kamis (02/03).(Foto:Julkifli Madina).

Manado, Infosulut.id – Dalam meningkatkan keterampilan peserta didik SMK Negeri Pariwisata Manado di bidang Tata Boga, para siswa kelas X bersama guru mata pelajaran melaksanakan praktik kemahiran di bidang kuliner memasak jenis roti dan pisang Nugget.

Pajangan kue roti hasil praktik siswa kelas X di SMKN Pariwisata Manado dilihat Kepala SMK Negeri Pariwisata Manado, Sem Kadimateng S.Pd M.Pd.

Kegiatan praktik pun berlangsung pada hari Kamis, (02/03/2023) di Gedung Praktik. Tata Boga SMKN Pariwisata Manado. 

Kepala SMK Negeri Pariwisata Manado, Sem Kadimateng S.Pd M.Pd di Sekolahnya menyampaikan, kegiatan praktik ini
bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembuatan kue (pastry).

“Mulai dari kelas X kami sudah melakukan praktik pada mereka agar masuk kelas XI mereka sudah mempunyai keahlian,”kata Kepsek Kadimateng.

Katanya, Keterbatasan peralatan praktik tidak menjadi penghalang SMKN Pariwisata Manado melaksanakan kegiatan praktik di Sekolah.

“Ya walaupun kami memiliki keterbatasan alat praktik tetapi para siswa sangatlah antusias mengikuti praktik ini di Sekolah,”kata Kepsek.

Lanjutnya, SMK yang dipimpinnya ini mempunyai 3 jurusan keahlian yakni Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Tata Boga dan Perhotelan. 

“Dengan adanya praktik ini kami harapkan para siswa mampu menerapkannya di bidang usaha menjadi pengusaha di bidang kuliner yang sukses. Dengan semakin pesatnya perkembangan kuliner saat ini maka keterampilan di bidang tata boga menjadi nilai tersendiri terhadap suatu bidang keterampilan,”jelas dia.

Sementara salah satu Siswa Kelas X dari Jurusan Tata Boga, Geral Mika Magamba mengatakan, dirinya sangat senang dan bangga bisa melakukan praktik di Sekolahnya bersama teman – teman dan guru pembimbing.

“Saya sangat senang bisa praktik langsung karena ini adalah cita-cita saya supaya bisa mempunyai keahlian dalam membuat kue,”ujar Siswa umur 16 Tahun yang lahir tanggal 19 Februari 2007 ini.

Kata anak dari Joko Magamba dan
Olni Siska Kasambouw ini, sejak SD dirinya sudah mempunyai kesukaan akan masak – memasak dan kuliner Indonesia.

“Ya praktik kali ini saya dan teman-teman dengan ditemani guru pembimbing membuat kue pisang Nugget dan kemarin kami buat roti,”ujar siswa yang lulusan dari SD Gemim 51 Paniki Atas ini.

Kada dia, mereka buat kue pisang Nugget dengan rasa asin dan manis dan jenis keju, coklat dan coklat keju.

“Kami jual 500 per paket dan banyak yang beli ini karena sekolah kami dekat perkantoran ada Inspektorat Manado dan Polsek Mapanget serta banyak pengunjung saat Sekolah buat kegiatan,”katanya.(Kifli).