Dibuka Gubernur Olly, Open Chess Tournament OD Cup 2023 Tingkat Nasional Dipadati Peserta

oleh -102 views

Gubernur Olly Dondokambey resmi membuka Open Chess Tournament OD Cup 2023 di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado.(foto istimewa)

Manado, Infosulut.id – Open Chess Tournament yang memperebutkan Piala Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) Cup 2023 resmi dibuka Gubernur Sulawesi Utata, Olly Dondokambey, di Graha Bumi Beringin Manado, Jumat (17/02/2023).  

Kejuaraan tingkat nasional ini menyiapkan total hadiah Rp100 juta, yang diikuti 695 peserta dari 15 provinsi, 27 Kabupaten Kota dari tingkat SD sampai umum. 

Gubernur Olly mengatakan, dalam upaya mencetak atlet tidak instan, namum harus ada pembinaan dari bawah sampai atas. Gubernur Olly mengajak pengurus Percasi Sulut membangun kebersamaan memajukan olahraga catur di Sulut.

“Bekerjasamalah dengan pemerintah untuk menggalakkan kembali iven catur di Sulut dan Pemerintah baik Provinsi dan Kabupaten dan Kota mensupport seluruh kegiatan ini,”ujar Olly.

Kata beliau, pada PON tahun lalu, Sulut bisa merebut medali tanpa atlet luar dan Mudah-mudahan bisa berjalan terus.

“Semangat terus dan Mari sama-sama bangun kebersamaan untuk memajukan olahraga catur di Sulut,” pungkas Gubernur Olly.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Percasi Utut Adianto menyebut Sulawesi Utara adalah gudangnya para pecatur.

“Dulu di Timnas, kalau ada enam pemain satu di antaranya ada pemain Sulut. Sekarang ke mana? Saya tidak yakin kalau di sini tidak ada pemain. Harus lebih disiplin. Buat pelatihan buat SD, SMP, SMA,” ujarnya.

Menurut Utut Adianto, periode pertama Pengurus Percasi Sulut akan sibuk dengan membangun fondasi. Siklus melatih, bertanding dan evaluasi.

“Jangankan melatih, tanpa dilatih dan bertanding tidak akan maju serta harus tambah banyak evaluasi dan tugasnya tidak mudah karena keahlian dan grand master hanya didapat dari latihan, pertandingan maupun evaluasi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, menjadi pengurus Percasi Sulut merupakan tugas mulia. Dia juga berkeinginan melihat lahirnya grand master dari Sulut di tahun mendatang.

“Ini tugas mulia. Akan sulit mengharapkan pujian. Yang ada nanti cacian. Ini adalah bagian yang harus dijalani. Kita bangkitkan catur Sulut hebat. Kita bangun seperti kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey,” pungkasnya.

Sebelumnya juga dilakukan pelantikan Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia Provinsi (Pengprov Percasi) Sulut periode 2022-2026.(Kifli).