Dikda Sulut Verifikasi TUK di SMKN 7 Manado

oleh -92 views

Tim dari Dikda Sulut  melakukan verifikasi kondisi kesiapan SMKN 7 Manado yang berencana menjadi TUK mandiri.(Foto: Julkifli Madina).

Manado, Infosulut.id – Pada Kamis (16/02) SMK Negeri 7 Manado kedatangan tamu dari Tim Verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari Dinas Pendidikan Daerah Sulut.

Tim yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara ini bertugas untuk melakukan verifikasi kondisi kesiapan SMK yang berencana melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Mandiri.

Tim yang diketuai oleh ibu Julien Sundalangi, S.Pd.M.Si di bidang SMK ini, disambut Kepala SMK Negeri 7 Manado Sulastri Darise SPd dan mereka melihat langsung TUK di SMKN 7 Manado dengan memastikan calon lulusan agar siap kerja, baik secara kompetensi maupun secara mental.

Pemeriksaan lokasi TUK dilakukan pada setiap kompetensi keahlian. Mulai dari pemeriksaan kelayakan ruangan, alat dan bahan penunjang UKK, hingga kelengkapan dokumen administrasi.

“Kami datang untuk periksa langsung apakah Sekolah ini sudah layak atau tidak menjadi TUK mandiri,” ungkap Julien Sundalangi, S.Pd.M.Si.

Lanjut Sundalangi, sampai hari Jumat (17/02) SMK di Kota Manado ini akan kami periksa dan Verifikasi TUK pada Uji Kompetensi Keahlian (UKK), merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK yang bertujuan untuk mengukur volume kompetensi siswa pada tingkat tertentu sesuai dengan Keahlian yang dicapai selama masa pembelajaran di SMK.

“Hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. Ujian Kompetensi Keahlian dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat Ujian yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat Ujian kompetensi,’jelasnya.

Kata dia, Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat Ujian kompetensi.(Kifli).