Paling Banyak di Wilayah Minut-Bitung, 9 Guru SMAN 3 Ikut Seleksi Calon Guru Penggerak

oleh -146 views

Bitung, Infosulut.id – Meski sekolahnya berada di wilayah kepulauan tepatnya di Pulau Lembeh, namun SMAN 3 Bitung terus menunjukan karya dan prestasinya di bidang akademik.
Salah satunya adalah keikutsertaan para guru SMAN 3 Bitung untuk seleksi Calon Guru Penggerak (CGP) tahun 2023 ini.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kemendikbudristek, total ada 9 guru SMAN 3 Bitung yang mengikuti seleksi CGC. Jumlah ini mendominasi jumlah keseluruhan guru SMA di wilayah Cabang Dinas Minut – Bitung yang mengikuti seleksi CGP.

“Memang benar, ada 9 guru SMAN 3 Bitung yang mengikuti seleksi CGP tahun 2023 ini,” ungkap Kepala SMAN 3 Bitung Goldfriet Ronny Sirfles Bawotong SPd MPd, Kamis (19/1/2023).

Bawotong mengatakan, banyaknya guru di sekolah itu yang mengikuti seleksi CGP karena dia selalu memberikan motivasi pada guru-guru untuk terus berkarya. Bahkan ketika ada kendala, dibicarakan dan dicari solusi bersama sehingga bisa mengikuti seleksi tersebut.

“Saya beri motivasi untuk tingkatkan kompetensi, kendalanya apa kita selesaikan. Akhirnya ada 9 yang ikut seleksi, mudah-mudahan bisa lolos sebagai Guru Penggerak,” ujar Bawotong.

Sembilan guru SMAN 3 Bitung yang ikut seleksi CGP adalah Fidya Rahayu, Asna, Cesilia Ekaputriani Katapi, Farida Deu, Rumnani Saleh, Ronal Kasangke, Sintia Hongkong, Jalia Kalariyau, dan Jewels Hariawang.

Sedangkan dia guru lainnya berasal dari SMAS Tunou Tou Girian yakni Mieke Andrietha Dolosenda dan Christin Hinone dari SMAN 1 Bitung.

“Saya berharap jika nanti mereka lolos akan membawa pengaruh yang besar dari kegiatan belajar mengajar di SMAN 3 Bitung,” ujar Bawotong.

Selain seleksi CGP, sejumlah guru di SMAN 3 Bitung juga mengikuti seleksi Calon Pengajar Praktik atau CPP. Diketahui, CPP ini diikuti oleh guru senior dan kepala sekolah.
“Saya sebagai kepala sekolah, serta 2 guru senior yang mengikuti CPP ini adalah Eti Dilapanga, dan Renny Poerwanti,” ujar Bawotong.

Dari data yang ada, untuk wilayah Bitung dan Minut hanya ada 5 guru senior atau kepala sekolah yang ikut seleksi CPP. Sebanyak 3 dari SMAN 3 Bitung, dan 2 lainnya dari Minahasa Utara yakni Fonny Katherina Nowin dari SMAN 1 Wori dan Youke Wilhelmina Mantiri dari SMAN 1 Kalawat.

“Kita juga masih menungga hasil seleksi program CPP ini. paling tidak SMAN 3 Bitung sudah mengambil peluang untuk ikut seleksi ini,” ujar Bawotong memungkasi. (Kifli).