SMAN 1 Bintauna Gelar Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan

oleh -496 views

Bolmut, Infosulut.id – PTA atau yang disebut penerimaan tamu ambalan merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan di SMAN 1 Bintauna .

Kegiatan ini sebagai wadah menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota pramuka, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang lebih baik bagi kelas X serta melatih kekompakan antar anggota pramuka.

Kepala SMAN 1 Bintauna, Wirastuti Hasan S.Pd mengatakan, pada tahun ini ada 250 siswa baru sebagai peserta dengan 16 tenda putra dan 8 tenda putri yang mengikuti perkemahan berlangsung mulai 22 – 24 Juli 2022.

“Kegiatan PTA dimulai dengan upacara pembukaan pada Jumat (22/07/2022 dan saya memberikan materi tentang peran pramuka bagi pelajar pancasila dalam rangka mewujutkan generasi emas,”jelas Kepsek.

Lanjut Kepsek Wirastuti tujuan PTA adalah sebagai salah satu kegiatan untuk menanamkan kedisiplinan dan pembentukan karakter kepemimpinan bagi siswa dan menggali potensi untuk membentuk karakter menjadi generasi z yang unggul dan berdaya saing diera digital.

“Dampak yang mereka dapat bisa membentuk siswa bekerja sama dengan gotong royong, teligius, sosial, demokrasi dan adil,” ungkap Kepsek Wirastuti.

Kata Kepsek, penerimaan tamu ambalan merupakan kegiatan bagi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak.

“Kami berharap agar Tamu Ambalan yang baru ini benar-benar dilatih dan dari penggalang menjadi penegak yang sejati, bagaimana pentingnya Dasar Darma dan Tri Satya Pramuka. Sikap dan watak kita juga harus sejalan karena mereka dibina untuk disiplin bukan hanya di sekolah dan Masyarakat namun juga Bangsa dan Negara yang kita cintai ini, ungkapnya.

Sementara melalui pengawas Merike Pontoh,S.Pd dalam pembukaan pelaksanaan PTA mengingatkan akan peningkatan kedisiplinan dan menigkatkan kegiatan olahraga dan tugas mandiri.

Suksesnya kegiatan tersebut juga berkat dukungan dari orang tua, siswa, para guru – guru dan ketua panitia Drs. Servius Simon Menajang dan Sekretaris Hadija Mokodongan, S.Pd.(Kifli).