Berada di Perbatasan, SMAN 1 Pinogaluman Butuh Rumah Guru dan Tambahan SDM

oleh -136 views

Bolmut, Infosulut.id – SMA Negeri 1 Pinogaluman yang berada di Daerah perbatasan antara Sulut dan Provinsi Gorontalo ini sangatlah membutuhkan fasilitas rumah guru dan tenaga guru.

Kepala SMAN 1 Pinogaluman Selfi Kohongia, S.Pd saat ditemui di Sekolahnya Rabu (20/07/2022) menyebutkan, saat ini sekolahnya sangatlah membutuhkan fasilitas rumah guru serta tenaga guru yang belum terpenuhi.

“Kami berada di daerah perbatasan kendala utama adalah rumah guru yang belum ada dan juga tenaga guru yang masih kurang,”jelasnya.

Dia menjelaskan, banyak guru disini tinggal rumah warga dengan cara kos bayar setiap bulan karena rumahnya jauh dari sekolah dan tenaga guru juga masih sangatlah kurang dimana saat ini baru ada 36 guru dengan guru PNS 19 orang dan guru THL ada 7 orang serta guru honor sekolah 10 orang.

“Kami kekurangan guru sosiologi, agama islam, geografi yang hanya guru THL, guru kimia butuh 1 orang, matematika butuh 1 orang lagi, fisika juga butuh 1 orang dan guru TIK tidak ada dan hanya guru lain yang diperbantukan,”jelas Kepsek.

Selain kekurangan guru dan rumah guru, kata Kepsek bahwa peralata laboratorium masih tidak lengkap dan bahannya tidak ada sama sekali.

“Saat ini siswa kami semuanya ada 460 siswa dan siswa baru yang masuk tahun ini ada 145 siswa yang tersebar di 5 rombongan belajar dan setiap tahun siswa kami terus meningkat,”ungkap Kohongia.(Kifli).