Ini Harapan Kadis Punuh Saat Buka IHT IKM di SMKN 1 Airmadidi

oleh -85 views

Minut, Infosulut.id – Wakil Kepala Sekolah dan Para Kepala SMK Minut – Bitung ikut In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMKN 1 Airmadidi pada Senin (18/07/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, dr Grace Punuh M.Kes menjadi narasumber pada kegiatan tersebut yang didampingi Kabid Pembinaan SMK, Debby Mamangkey, dan Kabid GTK Merlinda Mamesa serta Kacabdin Minut-Bitung dan Pengawas.

“Kurikulum merdeka akan diterapkan pada ajaran baru ini dan khusus guru SMK harus paham agar siswa sudah bisa menerimanya,” jelas Punuh.

Kata Kadis, memang di SMK dalam Kurikulum baru ini 70 persen adalah praktek dan 30 persen teori dan ini harus dimanfaatkan dengan baik.

“Dengan kurikulum baru ini maka harus melahirkan para siswa yang siap kerja dengan mempunyai keahlian yang mumpuni,”kata Punuh.

Lanjutnya, setiap pelajar harus memenuhi 6 profil pelajar Pancasila yakni, beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; mandiri; bergotong-royong; berkebinekaan global; bernalar kritis; dan kreatif,” ungkap Punuh.

Sementara melalui Kepala SMKN 1 Airmadidi, Weddy Onibala menyampaikan semua gurunya ikut IHT IKM

“IHT IKM ini sangatlah bermanfaat dan bisa menentukan nasib masa depan para generasi berikut dalam membangun negara ini,”katanya.

Diketahui, Profil Pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia. Tidak hanya untuk kebijakan pendidikan di tingkat nasional saja, akan tetapi diharapkan juga menjadi pegangan untuk para pendidik, dalam membangun karakter anak di ruang belajar yang lebih kecil. Pelajar Pancasila disini berarti pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya.(Kifli).