Satu – Satunya di Kepulauan Sangihe, Ini Perjuangan SMKN 3 Tahuna Lolos SMK Pusat Keunggulan

oleh -83 views

Tahuna, Infosulut.id – Walaupun berada di daerah kepulauan, SMK Negeri 3 Tahuna terus membuktikan kehebatannya dengan lolos sebagai SMK Pusat Keunggulan jurusan otomotif pada Tahun 2022 ini.

Kata Kepala SMK Negeri 3 Tahuna Mariana F. Pangandaheng S.Pd Senin (11/06/2022 SMK Pusat Keunggulan merupakan program Dirjen Vokasi bersama Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi.  Salah satu tujuannya bagaimana menghasilkan lulusan yang terserap di dunai kerja atau model dunia usaha untuk mengurangi pengangguran artinya anak-anak siap kerja.    Dijelaskan, kegiatan SMK Pusat Keunggulan secara nasional diikuti 4 ribu lebih sekolah menegah kejuruan se Indoensia dan SMK Negeri 3 Tahuna mengikuti seleksi tahap 2 dan se Provinsi Sulawesi Utara diterima hanya 17 SMK.   Untuk tingkat Kabupaten Kepulauan Sangihe ada 9 SMK hanya SMK Negeri 3 Tahuna yang dinyatakan lolos.

“Ya kami keluarga besar SMKN 3 Tahuna bekerja keras dan telah membuahkan hasil,”ungkapnya.

Kata dia, apa yang mereka lakukan adalah untuk masa depan siswa itu sendiri sebagai penerus bangsa.

“Memang dengan SMK PK maka siswa lulusan disini akan lebih profesional dan ahli dibidangnya sesuai dengan jurusan yang mereka pilih dan telah siap kerja,”kata Mariane.

Lanjutnya, di Daerah Kepulauan Sangihe khususnya SMK barulah sekolahnya yang lolos SMK PK dan siap bersaing dengan sekolah lain.

“Kami pada siswa baru tahun ini ada 146 siswa yang masuk dan paling banyak jurusan otomotif ada 2 kelas dan disusul jurusan
listrik yakni 26 siswa,”jelasnya.

Katanya mereka saat ini mulai senin – rabu mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan ini adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan dan pembinaan bagi peserta didik.(Kifli).