Minin Fasilitas, SMAN 1 Sonder Kurang Diminati Siswa Baru

oleh -136 views

Sonder, Infosulut.id – Sekolah yang berdiri sejak 1981 yakni SMA Negeri 1 Sonder sampai saat ini masih kurang diperhatikan pemerintah.

Lihat saja sampai saat ini terkait kelengkapan fasilitas seperti Laboratorium komputer, Kimia dan Bahasa belum dimiliki sekolah ini dan ruang guru pun belum dimiliki dan hanya pinjam ruang kelas siswa dan para siswa lain pakai ruang laboratorium IPA.

Dibandingkan dengan sekolah yang lain yang sudah berlebihan ruangan dan fasilitas peralatan serta laboratorium, tetapi sekolah ini sangatlah jauh dari perhatian pemerintah baik Pusat maupun Daerah terutama Dikda Sulut.

” Banyaknya siswa juga tergantung dengan kelengkapan fasilitas sekolah itu sendiri,” ungkap Kepala SMAN 1 Sonder Drs Refland Aruperas.

Kata Kepsek, untuk berprestasi saja sangatlah sulit karena para siswa berprestasi sewaktu SMP mereka masuk di sekolah yang lebih lengkap fasilitasnya dengan mengambil jalur prestasi.

“Mereka anak di kampung ini tetapi masuk SMA di tempat lain walaupun jauh itu karena fasilitas yang dimiliki sekolah tersebut sagatlah baik,”ungkap Kepsek.

Kata dia, dirinya beserta para guru lain sudah berusaha melakukan sosialisasi dan ajakan agar mereka masuk disini tetapi setiap tahun yang masuk hanyalah sedikit dan tahun ini hanya 17 Siswa yang mendaftar dengan total semua siswa disini dari kelas 10,11 dan 12 hanyalah 60 siswa.

“Dana BOS kami juga sangatlah minim untuk mengembangkan ekstrakurikuler agar bisa melahirkan siswa berprestasi,”katanya.

Dia pun berharap agar Dikda Sulut dan Pemerintah Pusat bisa melihat sekolahnya agar dapat memberikan bantuan kelengkapan fasilitas.(Kifli).