SMAN 2 Bitung Sudah Siap Terapkan IKM Secara Mandiri

oleh -168 views

Koordinator Pengawas yang juga pelatih ahli Dr. Drs Hermanus Bawuoh memantau langsung kesiapan IKM di SMAN 2 Bitung.

Bitung, Infosulut.id – Kurikulum merdeka tidak dilaksanakan secara serentak dan massif, hal ini sesuai kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang memberikan keleluasaan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum.

Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan berlaku pada tahun ajaran 2022/2023.  Ada 3 macam pilihan untuk sekolah yang akan menerapkan Kurikulum Merdeka, yaitu IKM 1, IKM 2, dan IKM 3. 

Untuk menerapkan IKM ini, SMAN 2 Bitung telah siap melaksanakannya pada tahun 2022 ini.

Kepala SMAN 2 Bitung, Dr Dems Reinerd Tandaju S.Pd MAP
menyebut pihaknya akan menerapkan Iplelmentasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Kata dia, IKM akan diterapkan setelah ada usulan dan rembuk akhirnya semua sepakat, apalagi budaya untuk berkembang itu sudah merupakan indetitas SMAN 2 Bitung.

” IKM dinilai memiliki banyak potensi yang dapat meningkatkan nilai nilai bakat anak didik terutama di bidang teknologi dan lainnya. Jadi kita menerapkan IKM mandiri ini hasil kesepakatan bersama,”ungkap Kepsek Tandaju.

Lanjut Kepsek, Dalam IKM ini banyak sekali potensi yang akan di terapkan terutama mengenai teknologi dan ini akan meningkatkan mutu pendidikan.

“Karena kurikulum Iplelmentasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri ini sangat penting untuk peningkatan kualitas pendidikan,”ungkap Dems.

Kata dia, Kamis kemarin adalah hari keempat persiapan para guru mengikuti pelatihan dalam kesiapan IKM.

Koordinator Pengawas yang juga pelatih ahli Dr. Drs Hermanus Bawuoh menyampaikan, SMA di Kota Bitung khususnya SMAN 2 Bitung Sudah Siap Melaksanakan IKM secara Mandiri

“Ya mereka telah mengikuti semua peryaratan terutama Pembentukan Komunitas Praktisi, Mengunduh Platform Merdeka Mengajar Kurikulum Merdeka, Komunitas Praktisi dijadwalkan Menonton Vidio dan Membaca Modul serta Menjawab Pertanyaan secara on-line, Komite Pembelajaran Ikut Webinar, Komite Pembelajaran buat Aksi nyata, Penjadwalan Bimtek Luring selama Libur,”kata Korwas.

Lanjutnya, dia pun mempertanyaannya apakah daerah yang lain sama seperti di Bitung dimana Kepala Sekolah harus berinovasi untuk melakukan Perubahan.

” IKM Pilihan 2 dan 3 sebaiknya tidak libur, tapi Persiapkan IKM agar Mantap dilaksanakan tahun ajaran 2022-2023 dan IKM Pilihan 1 tetap Kurikulum 2013,”tutup dia.(Kifli).