Tingkatkan Tali Persaudaraan, SMKN 2 Bitung Gelar Halal Bi Halal

oleh -128 views

Bitung, Infosulut.id – SMK Negeri 2 Bitung gelar Halal Bi Halal yang dilaksanakan majelis taklim Sakinah yang beranggotakan para guru pada Senin (23/05/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Minut – Bitung, Dra Femmy Mamahit, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, Eugenie Mantiri SPd, MAP didampingi Sekretaris Dikbud, Fonny Tumundo, Staf khusus Walikota Bitung dan para guru serta orang tua siswa.

Dalam ceramah yang dibawakan Ustad Husen Alkatiri menyampaikan, semoga pertemuan ini bisa mendatangkan berkat dari Tuhan yang maha esa dan Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW bahwa menyambung tali silaturahmi merupakan sunnah yang dianjurkan sebab dapat memperlancar rezeki dan panjang umur.

Kata Ustad Alkatiri, Ada sebuah tradisi kreatif khas masyarakat Muslim Tanah Air, yang tidak ada di dunia, yaitu Halal bi Halal. Satu kebiasaan yang hanya ada di negeri kita. Halal bi Halal muncul sebagai ungkapan saling menghalalkan kesalahan dan kekhilafan. Saling memaafkan satu sama lain. Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan. Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal-nya, membuat umat Islam melebur kesalahannya dengan berbagi maaf tanpa sekat yang membatasi

” Halal bi halal dilaksanakan mempererat talisilaturahmi antar sesama manusia untuk saling maaf memaafkan,”ungkap Alkatiri.

Lanjut dia, kesalahan umat manusia adalah kepada Tuhan dan sesama manusia maka daripadaitu sangat penting sekali untuk bertalisilaturahmi.

” Halal bi halal intinya yaitu menyelesaikan masalah yang belum selesai untuk saling memaafkan dimana meminta maaf dan memaafkan,”ungkapnya.

Sementara dalam sambutan singkat Kepala SMK Negeri 2 Bitung, Meryati Taengetan S.Pd menyampaikan, disini kita saling mengikat bersilaturahmi dengan beraneka ragam.

” Kita berkumpul disini dengan perbedaan agama, suku dan ras untuk saling menghormati dan memaafkan,” ungkap Taengetan.

Pada akhir kegiatan dilaksanakan pemberian bantuan sembako kepada para Siswa/Siswi muslim yang kurang mampu dan juga dirangkaikan dengan memperingati HUT Kepsek Meryati Taengetan S.Pd ke 43 Tahun.(Kifli).