Besok Pelantikan, dr Rinny Tamuntuan Akan dipercayakan Pj Bupati Sangihe dan Limi Pj Bupati Bolmong

oleh -356 views

Manado, Infosulut.id – Akhirnya teka- teki siapa yang akan menjabat Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Bolmong mulai terkuat.

Setidaknya ini terlihat pada pelaksanaan gladi bersih pelantikan Pj Bupati Bolmong serta Sangihe yang berlangsung di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Sabtu (21/05/2022) jelang petang ini.

Dalam gladi bersih terlihat dua pejabat eselon 2 Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara yakni dr Rinny Tamuntuan dan Ir Limi Mokodompit MM yang mengikuti pelaksanaan gladi bersih tersebut.

Adapun Rinny Tamuntuan yang didampingi suami tercinta dr Andy Silangen, saat ini masih menjabat Kepala Dinas Sosial Pemprop Sulut berperan sebagai Pj Bupati Sangihe.

Pun Limi Mokodompit yang juga bersama istri tercinta Ny Irianti Suleha Mokodompit-Uswanas S.Sos itu, juga masih dipercaya sebagai Kadis DLH Sulut tersebut, menjadi Pj Bupati Bolmong.

Setidaknya hal ini sejalan dengan pernyataan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat diwawancarai sejumlah wartawan pada Jumat (20/05/2022) siang kemarin.

Kendati masih menyimpan rapat nama 2 penjabatnya, namun Gubernur Olly memberikan sedikit petunjuk.

“Untuk nama pejabatnya masih akan dikirim dari kementerian dalam negeri, dan pelaksanaan pelantikan pada Minggu ini. Untuk mengetahui siapa pejabatnya lihat saja pada pelaksanaan gladi Sabtu besok,” terang Gubernur Olly Dondokambey.

Adapun pelantikan rencananya akan dilakukan langsung Gubernur Olly Dondokambey SE pada Minggu (22/05/2022) besok siang di Graha Gubernuran Bumi Beringin Kota Manado.

Jika memang nantinya resmi dilantik, maka dr Rinny dan Limi menjadi pilihan yang diputuskan oleh Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) RI.

Pasalnya pihak Pemprop Sulut sendiri mengirim masing-masing 3 nama pejabat eselon 2. 

Untuk Sangihe selain dr Rinny, juga ada Janni Lucas dan Weldy Poli. Dan untuk Bolmong juga disertakan nama Lukman Lapadengan bersama Abdulah Mokoginta.

“Yang pertama tentunya saya mengucap syulur kepada Tuhan YME. Dan yang kedua saya mau ucapkan terimakasih kepada pimpinan kami dalam hal ini bapak Gubernur Olly dan Bapak Wakil Gubernur Steven Kandouw yang akan mempercayakan saya untuk menduduki Penjabat Bupati Daerah Kepulauan Sangihe,” tutur dr Rinny Tamuntuan usai mengikuti gladi bersih pelantikan Penjabat Bupati Sangihe dan Pj Bupati Bolmong, Sabtu (21/5/2022) siang tadi, bertempat di Graha Bumber Manado.

Kata dia, tentunya dengan amanah yang dipercayakan pada dirinya dia akan bekerja sesuai dengan keinginan pimpinan yakni ODSK, “kerja kerja kerja” untuk kemajuan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe kedepan yang hebat.

Lanjut Rinny sapaan akrabnya menyebutkan tentunya tugas ini sangat berat.

“Tapi saya yakin dan percaya bisa menjalankan tugas demi kesejahteraan masyarakat Sangihe dalam rangka mewujudkan Sangihe yang maju dan hebat,” imbuhnya.

Perlu diketahui sosok Rinny Tamuntuan yang sempat menjadi Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara itu, direkrut Gubernur Olly Dondokambey mempercayakannya menjabat Kepala Dinas Sosial sejak periode pertama pemerintahan hingga kini.

Wanita kelahiran 2 Oktober 1965 ini merupakan Istri dari Ketua DPRD Sulut, dr Fransiskus Andi Silangen.
Suaminya Fransiskus Andi Silangen memang asli berdarah Sangihe.(Kifli).