Ada 3 Calon Rektor Unsrat Terpilih, Dedie Tooy Raih Suara Terbanyak

oleh -1,158 views

Manado, Infosulut.id – Senat Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, sukses melakukan pemilihan Bakal Calon Rektor pada Kamis (20/4/2022).

Dari 6 nama Balon Rektor, terpilih 3 nama Calon Rektor yang akan diusulkan ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Ketiga Calon Rektor yang terpilih itu yakni, Ir Dedie Tooy MSi PhD, Prof Dr Ir Fabian Johanes Manopo MAgr dan Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung MSc.

Ketiga Calon Rektor Unsrat ini terpilih melalui proses yang sangat alot. Sebab, pada pemilihan putaran pertama, 2 bakal calon rektor berada di posisi ketiga dengan jumlah suara yang sama, yakni 11 suara 

Kedua Balon Rektor yang memiliki suara yang sama itu adalah Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung MSc dan Dr Flora Pricillia Kalalo SH MH.

Karen memiliki suara sama, dilakukan pemilihan putaran kedua, khusus untuk Balon Rektor yang memiliki dukungan yang sama.

Pada pemilihan putaran kedua, Grevo Gerung sukses mengungguli Glora Kalalo dengan dukungan 47-21.

Pada putaran pertama, ada enam Balon Rektor yang berkompetesi. Keenam Balon Rektor ini diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi di depan Senat.

Usai penyampaian visi misi, Senat kemudian memberikan suara untuk keenam Balon Rektor yang lolos verifikasi tahap awal.

Hasil pemberian suara putaran pertama dari Senat Unsrat Manado adalah sebagai berikut:
1. Ir Dedie Tooy MSi PhD (29 Suara)
2. Prof Dr Ir Fabian Johanes Manopo MAgr (13 Suara)
3. Dr Flora Pricillia Kalalo SH MH (11 Suara)
4. Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung MSc (11 Suara)
5. Prof dr Vennetia Danes MS PhD (6 Suara)
6. Prof Dr dr Grace Kandou MKes (1 Suara)

Menurut jurubicara Unsrat Manado, Max Rembang, ketiga nama Calon Rektor itu akan segera dikirim kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Reset dan Teknologi di Jakarta.

“Tiga nama dari hasil pemilihan Calon Rektor akan dikirim ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Nanti, Menteri yang akan menentukan siapa dari tiga nama yang dikirim menjadi Rektor Unsrat,” kata Max Rembang.(Kifli).