Ada 8 Desa dan 1 Kelurahan di Sulut Masuk 500 Besar ADWI 2022

oleh -348 views

Manado, Infoslut.id – Tercatat ada 8 desa dan 1 kelurahan di daerah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara (Sulut) yang masuk dalam 500 besar di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia.

Kabupaten Minahasa:

1.Desa wisata Poopoh
2.Desa wisata Tincep

Kabupaten Minut :

3.Desa wisata Gangga Satu
4.Desa Wisata Palaes
5.Desa Wisata Paputungan
6.Desa Wisata Sawangan
7.Desa Wisata Bulo
8. Desa Wisata Tumaluntung

Kota Tomohon :

9.Kelurahan Kakaskasen Dua

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Sulut, Henry Kaitjily mengatakan menyampaikan syukur atas capaian 8 desa dan 1  Kelurahan yang masuk dalam 500 besar ADWI tahun 2022 Kemenparekraf.

“Besar harapan dari delapan desa dan satu kelurahan di Sulut  tersebut bisa lolos di babak berikutnya masuk dalam 300 besar hingga babak selanjutnya masuk dalam 50 besar dan menjadi yang terbaik dari sejumlah desa wisata yang ada di Indonesia” ungkap Kaitjily, Rabu (29/4/2022).

Ia berpesan kepada 8 desa dan 1 kelurahan tetap meningkatkan potensi kelurahan masing-masing.

“Tetap gali potensi kelurahan untuk mendukung ekonomi nasional demi kesejahteraan masyarakat semuanya,” pesan Henry sapaan akrabnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, demi meningkatkan ekonomi nasional dalam mewujudkan desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit, di ajang ADWI tahun 2022 ada 3.419 desa wisata dari 34 Provinsi di Indonesia yang terjaring masuk.

“Sebelumnya di tahun 2021 Anugerah Desa Wisata Indonesia telah terjaring sebanyak 1.831 desa wisata yang mendaftar dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia” jelas Sandiaga melalui channel Youtube Jadesta, Rabu (20/4/2022).

Menurut dia, pencapaian ini melebihi target dari 3.000 desa wisata sebelumnya. Hal ini merupakan apresiasi dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat seluruh Indonesia.

Sandiaga menerangkan, terjaringnya 500 besar desa wisata dalam ajang ADWI tahun 2022 tersebut berdasarkan penilaian dewan juri terhadap 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata, dan kelengkapan data melalui Jejaring Desa Wisata (Jadesta).

“Selamat kepada 500 besar desa wisata dalam ajang ADWI tahun 2022. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit” ucapnya.
Dan kepada seluruh desa wisata yang belum lolos 500 besar desa wisata tahun 2022, Sandiaga berpesan, tetap terus tingkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi melalui pengisian data di website Jadesta sebagai wadah dan arah Kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia.
“Ayo kita terus gali potensi desa wisata di seluruh Indonesia sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia Bangkit,” pesannya.(Kifli).