Musrenbang RKPD Sulut 2023, Ini Disampaikan Wagub Kandouw

oleh -181 views

Manado, Infosulut.id –Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2023, bertempat di Hotel Four Point Manado, Selasa (19/04/2022)

Wagub Kandouw menekankan beberapa hal perlu disikapi pemerintah daerah. Di antaranya terkait dengan target pusat ditetapkan untuk Bumi Nyiur Melambai.

Target itu adalah Pertumbuhan Ekonomi 5-5,7 persen, angka kemiskinan 5,9 persen, tingkat pengangguran terbuka 6-6,5 persen dan gini ratio 0,355 serta Indkes Pembangunan Manusia berada di angka 74.

“Menurut hemat saya angka-angka itu rasional. Tapi mencapainya perlu kerja keras. Kuncinya ada pada bapak ibu. Bukan hal main-main perlu kerja keras, baik pemerintah maupun masyarakat termasuk regulasi dari pemerintah pusat,” tegas Wagub Kandouw.

Selain itu, terkait dengan pariwisata jangan disampingkan. Pasalnya, pandemi Covid-19 mulai menurun diperkirakan tren liburan bakal mengalami kenaikan.

“Reborn pariwisata harus kita sama-sama antisipasi. Tolong perencanaan ke depan pariwisata ini jangan dilupakan,”tuturnya.

Wagub Kandouw, menambahkan prevelansi stunting perlu menjadi perhatian khusus. Sebab, stunting menjadi program Presiden Joko Widodo.

“Jujur saya katakan, banyak kepala daerah menganaktirikan masalah penanganan stunting karena biasanya hanya di kepala dinas kependudukan dan catatan sipil. Biasanya dianggap sambil lalu,”ujar Wagub.

Di akhir sambutannya, Wagub Kandouw mengingatkan tentang keamanan daerah. Tak bisa dipungkiri, Sulut juga memiliki potensi kerawanan. Oleh karenanya, didorong untuk kerja sama dengan TNI/Polri.

“Ini bukan sekadar seremony, tapi setiap program betul-betul memberikan kontribusi untuk kemaslahatan masyarakat Sulut,” ujar Wagub.

Kegiatan dihadiri Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Agus Fatoni serta Para kepala daerah di Sulut.

Kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022. Di mana, untuk kategori kabupaten peringkat pertama adalah Kabupaten Sitaro, kedua Kabupaten Mitra dan ketiga Kabupaten Bolmut.(Kifli).