Gubernur Olly Lantik TPPS dan Berharap Bisa Menekan Angka Stunting di Sulut

oleh -431 views

Manado, Infosulut.id – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melantik Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Satgas Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sulut, Kamis (14/4/2022) di Hotel Sintesa Peninsula Manado. TPPS ini diketuai Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. 

Dalam arahannya, Gubernur Olly mengatakan terbentuknya TPPS ini guna mendukung menekan angka stunting di Bumi Nyiur Melambai. 

“Selamat berkarya kepada seluruh anggota TPPS, yang hari ini dilantik. Kiranya mampu kita buat berhasil mendukung upaya pencegahan stunting di daerah,” tuturnya. 

Masih dalam arahannya, Gubernur Olly mengatakan Pemprov Sulut menyiapkan sarana dan prasarana mendukung penurunan angka stunting dengan segera membangun rumah sakit khusus anak dan ibu. Pembangunan rumah sakit itu akan menyatu dengan Rumah Sakit Umum Daerah ODSK. 

“Tahun ini sudah dipersiapkan mudah-mudahan tahun depan bisa dimanfaatkan,” ujarnya. 

Menurut gubernur, sarana dan prasarana tersebut dihadirkan untuk mempersiapkan generasi ke depan yang lebih sehat. 

“Karena penanganan stunting itu bukan penanganan bayi umur 0-5 tahun tapi pada saat bayi dalam kandungan kita menangani agar supaya bayi yang lahir memenuhi standar,” tutur gubernur. 

Selain itu, Gubernur Olly juga mendorong kabupaten/kota di Sulut kembali menggalakan Posyandu. 

“Dulu Posyandu ada. Sekarang mulai tidak ada di desa dan kecamatan. Satgas ini menghidupkan kembali. Posyandu penting digalakkan. Pemprov support fasilitasi Posyandu nanti kerja sama dengan PKK dan BKKBN,” terangnya. 

“Kantor desa nanti dimanfaatkan. Ini salah satu strategi kita ke depan,” sambungnya. 

Gubernur juga menyiapkan anggaran untuk program makanan 4 sehat dan 5 sempurna plus. 

“Plus ini artinya vitamin lebih baik ke depan,” ujarnya.

Selain Wagub Kandouw, dalam kepengurusan TPPS ini, di antaranya Penjabat Sekretaris Daerah Sulut Asiano Gamy Kawatu sebagai Wakil Ketua, Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan (wakil ketua), Kepala Bappeda (wakil ketua), Sekretaris Pelaksana Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana.(Kifli).