Melihat Uji Keahlian Pelajar SMKN 2 Manado Saat UKK di Hari Keempat

oleh -386 views

Manado, Infosulut.id РPelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Se-Sulut Tahun Pelajaran 2021/2022 bagi Kelas XII telah dimulai pada Bulan April 2022 ini.

SMKN 2 Manado telah mulai pelaksanaan UKK pada Kamis (07/04/2022) lalu dan hari ini Selasa sudah masuk pada hari keempat.

Kepala SMK Negeri 2 Manado, Robyn Koloway yang diwakili Wakepsek bidang Kurikulum Drs Mervi Huwae M.Pd mengungkapkan, ada 431 Siswa kelas XII peserta UKK yang tersebar di 12 kompetensi keahlian.

” Kami ada 12 jurusan kompetensi keahlian yakni Teknik Geomatika, Bisnis Konstruksi dan Properti, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Alat Barat, Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia,”ungkap Wakepsek Mervi.

Kata dia, UKK telah dimulai sejak 7 April – 13 Mey 2022 mendatang dan yang paling banyak siswa di jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif yakni 94 Siswa.

“Ujian ini sebagai bahan evaluasi terhadap kemampuan kompetensi keahlian dari masing-masing siswa dan ini sebagai bekal akan kemampuan mereka nanti menghadapi kesiapan di dunia kerja,”ungkap Huwae.

Lanjut Huwae, semoga para Siswa yang ikut UKK ini bisa menghasilkan nilai yang terbaik.

Sementara itu melalui Ketua Program Keahlian jurusan Listrik, Jenny Pandara S.Pd mengatakan, di jurusannya Teknik Instalasi Tenaga Listrik ada 51 Siswa kelas XII peserta UKK.

” Hari ini Selasa ada 10 Siswa yang ikut UKK yang dimulai 07.30 – 15.00 dan mereka dibagi kelompok dan 1 paket dikerjakan 2 hari karena 1 paket memakan waktu 18 jam,” ungkap Jenny.

Kata dia, saat ini para siswa sedang praktekkan membuat Saklar Lampu Smart Switch dengan pakai aplikasi. Dimana bisa mengontrol perangkat smart yang kompatibel dengan Asisten Google dari jarak jauh saat menyiapkannya di aplikasi Google Home.

” Lampu bisa dimatikan dan dihidupkan dari jarak jauh pakai android yang terhubung dengan internet dengan memakai aplikasi google home,”ungkapnya.

Salah satu Siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Imanuel Manopo mengatakan, saat mulai praktek sampai saat ini belum ada kesulitan yang dihadapi karena semua yang diuji bisa diselesaikan dengan baik.

” Saya UKK sampai saat ini tidak ada kesulitan dan semuanya saya dapat kerjakan,”jelasnya.(Kifli).