Kadis Punuh dan Kadis Perpustakaan Sulut Launching E- Library SMA/SMK Se-Bolmut dan Radio Pendidikan di SMKN 1 Kaidipang

oleh -193 views

Bolmut, Infosulut.id – Launching e-library (perpustakaan elektronik) SMA/SMK Se Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Utara Dr Asripan Nani. MSi, menjadi tempat pertama di Sulut yang di pusatkan di SMKN 1 Kaidipang pada Selasa (08/03/2022).

Bersamaan itu juga dilaksanakan launching radio pendidikan (M-Radio 104.5 FM ) SMKN 1 Kaidipang oleh Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, dr Grace Punuh M.Kes yang juga merupakan satu – satunya Radio yang berada di Kabupaten Bolmut.

Kadis Dikda Sulut dr Liesje GL Punuh. M.Kes mengapresiasi SMA/SMK di Bolmut melalui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bolmut yang sudah mendirikan perpustakaan digital yang hari ini resmi dilaunching di SMKN 1 Kaidipang.

Kadis Punuh berharap, adanya digital library dapat meningkatkan budaya literasi di sekolah.

”Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulut yang sudah memfasilitasi e-library di SMA/SMK di Bolmut,”ujarnya.

Kata dia, digital library juga bisa memberikan nilai lebih dalam proses pembelajaran di Sekolah terutama di SMKN 1 Kaidipang.

”Semoga menjadi manfaat untuk menciptakan generasi emas yang akan menjadikan negara kita seperti diimpikan para founding fathers,’’ tegasnya.

Ditambahkannya lagi, dengan adanya launching e-libray dan launching radio pendidikan di SMKN 1 Kaidipang akan lebih meningkatkan SDM kita yang berada di dunia pendidikan.

“Ini akan menjadi terdepan dalam meningkatkan SDM demi siswa-siswi kita untuk mencetak generasi-generasi emas, dan penerus-penerus kita untuk menjadikan pendidikan sulut lebih maju, unggul dan hebat,”kata Kadis.

Untuk itu, Kadis harapkan apa yang sudah dilaunching tadi itu bagian dari kita untuk memajukan dunia pendidikan di bidang literasi. Tapi terlepas dari kita sebagai insan pendidikan inilah waktu kita untuk bergerak maju melompat revolusi industri 4.0 yang sudah jalan dan bagaimana kita akan menuju revolusi industri 5.0.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Utara Dr Asripan Nani. MSi. Katanya, launching e-libray pertama di Sulut yang diawali di SMA/SMK Kabupaten Bolmut.

“Launching e-libray sangatlah perlu kami lakukan guna mengajak Siswa agar meningkatkan budaya membaca karena dengan perkembangan digitalisasi saat ini minat baca Siswa sudah banyak menurun dan ini adalah langkah awal yang dimulai dari SMA/SMK di Bolmut,”ungkap Kadis Perpustakaan.

Kata dia, setelah dimulai dari Bolmut maka kedepan akan berlanjut kepada SMA/SMK di Kabupaten lain.

” Dengan adanya e-libray akan lebih meningkatkan budaya membaca siswa dan tentunya akan bisa melahirkan generasi yang unggul dan hebat,”jelas mantan Sekda Bolmut ini.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Bolmut, Patra Kapiso. S.Pd menyampaikan, dengan dilaunchingnya e-library bagi SMA/SMK dan radio pendidikan SMKN 1 Kaidipang akan lebih meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, khususnya pendidikan SMA/SMK baik Negeri maupun Swasta di Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara.

“Kami sangat bersyukur Kadis Pendidikan Daerah Sulut, dr Grace Punuh M.Kes dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Utara Dr Asripan Nani. M.Si bisa hadir langsung dan melainching e-library bagi SMA/SMK di Bolmut dan radio pendidikan SMKN 1 Kaidipang,”kata dia.

Lanjut Kacabdin, peningkatan mutu pendidikan di Bolmut akan terus ditingkatkan sehingga bisa melahirkan para generasi bangsa yang hebat dan unggul.

Kepala SMKN 1 Kaidipang Moh Anshar Nusa. SPd. MSi. menyampaikan, kegiatan akbar yang dipusatkan di Sekolahnya baik
Launching e-library, Launching Radio Pendidikan, pembukaan Workshop Jurnalistik Siswa, Pertemuan MKKS SMA/SMK dan MGMP Se Bolmut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

” Launching e-library digital dilakukan sebagai langkah SMKN 1 Kaidipang  mewujudkan sekolah literasi dan Launching Radio Pendidikan akan membantu jurusan multimedia meluluskan siswa yang siap kerja,”ungkap Kepsek.

Kata Kepsek, dengan di launchingnya e-library dan
dilaunchingnya radio pendidikan akan mengacu pendidikan semakin unggul dan hebat. Yakni, penguatan karakter, pembekalan kompetensi kepada siswa dan upaya menumbuhkan budaya literasi.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Kabid SMA Dr Sri Triana Pasiak. M.Pd, Kabid SMK Debby Mamangkey. S.Pd. MAP, Kabid GTK Merlinda Mamesah. S.Pd, Kepala Bidang BKD Provinsi Sulut serta Staff Khusus Bupati Bolmut Drs Edi Pontoh dan Abdul Samad Lauma. SIP, beserta para Kepala Sekolah SMA/SMK dan Guru serta THL Se- Kabupaten Bolmut.(Kifli).