IGI Sulut Siapkan Puluhan Guru Jadi Pelatih Penggerak Merdeka Belajar

oleh -190 views

Manado, Ketua Wilayah Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) Provinsi Sulawesi Utara Dr. Florensia Rembet, M.Pd Selasa belum lama ini menyampaikan, saat ini ada 1.000 guru dari IGI di Indonesia disiapkan menjadi Pelatih Penggerak Merdeka Belajar.

” Kami di Sulut ada 50 guru dari IGI akan dilatih menjadi guru pelatih penggerak merdeka belajar,” ungkapnya.

Kata dia, kegiatan ini dilaksanakan IGI secara mandiri dan bekerjasama dengan kampus dan kami IGI dipercayakan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia  dan Sulut ada 9 Kabupaten Kota dimana diusulkan ada 14 Kabupaten Kota.

” Program guru penggerak adalah cara baru Kemdikbud yang selama ini sudah menggunakan segala macam cara namun selalu gagal meningkatkan kompetensi guru Indonesia. Melihat program perencanaannya guru penggerak ini akan berjalan beriringan dengan organisasi kami ,”ungkapnya.

Lanjutnya, ada harapan program guru ini karena menurut kami di Ikatan Guru Indonesia, cara guru Indonesia 4 tahun lalu ketika menggerakkan guru-guru Indonesia meningkatkan kompetensi guru Indonesia meningkatkan literasi produktif yang tidak lagi pelatihan kepada dosen atau perusahaan-perusahaan dalam meningkatkan kompetensi guru Indonesia tapi berusaha semaksimal mungkin memaksimalkan guru-guru terbaik Indonesia untuk berbagi dan saling menumbuhkan terhadap guru-guru lainnya di seluruh Indonesia.

” Gerakan Ikatan Guru Indonesia ternyata sangat efektif, dalam 3 tahun pertama, Ikatan Guru Indonesia sukses melatih lebih dari 1,5 juta guru di Indonesia dan berhasil melahirkan lebih dari 1000 guru pelatih yang ternyata dalam kondisi pandemi Covid-19 paling siap dalam menjalankan program pembelajaran yang efektif dan menyenangkan meskipun dalam sistem jarak jauh. Bahkan guru-guru pelatih ini bergerak cepat melatih guru-guru lainnya tanpa membutuhkan anggaran negara dan tanpa perlu instruksi dari pemerintah,”jelasnya.

Dalam kondisi Pandemi Covid-19, hanya dalam 3 bulan Ikatan Guru Indonesia sukses menyelenggarakan 1.458 pelatihan guru di hampir seluruh kabupaten kota di seluruh Indonesia secara online dan melibatkan hampir 300.000 guru di seluruh Indonesia.(Kifli).