SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado Juara 2 Lomba Kebersihan Sekolah

oleh -460 views

Manado, Infosulut.id – SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado telah mengikuti lomba kebersihan antar Sekolah dan pada tingkat Kecamatan Mapanget Tahun 2021 berhasil yang baik dimana mampu meraih juara 2.

Penilaian oleh tim penilai dimana pengawas binaan Lucia Kaunang S.Pd mendatangi SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado pada Selasa (09/11) lalu dan melakukan penilaian.

Penilaian untuk kebersihan dan keindahan ruangan dan Sekolah, Toilet dilakukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, seperti indikator thermogun, tempat cuci tangan, air, sabun, tissue, handzanitizer, masker, cairan desinfektan, jalur masuk/keluar dan khusus toilet kebersihan, kelengkapan seperti sabun, gayung, tissue, alat kebersihan, serta keindahan toilet dan juga kebersihan kantor, kelas, ruang guru, perpustakaan dan UKS serta halaman dan taman.

Kepala SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado, Maissye Watania S.Pd menyampaikan, sebelum ada lomba Sekolahnya sudah sejak lama telah menjaga kebersihan dan peningkatan protokol kesehatan covid-19 yang ketat.

“Memang kegiatan lomba ini bertujuan untuk memicu warga sekolah agar selalu menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah,” ungkap Kepsek Watania.

Dia pun berharap walaupun tidak ada lomba tetap aekolahnya komitmen menjaga kebersihan demi untuk kenyaman semua warga sekolah dan dalam kebersihan bisa meningkatkan mutu sekolah sesuai dengan visi misi yang ada di sekolah.

“Ini dilakukan juga untuk menanamkan sikap cinta kebersihan pada diri siswa dan seluruh warga sekolah agar selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan,” jelasnya.

Kata Kepsek, lomba ini juga untuk melatih Siswa agar memiliki tujuan dapat merubah perilaku mereka yang suka membuang sampah sembarangan, menjadi terbiasa buang sampah pada tempatnya.

“Kebiasaan buang sampah pada tempatnya ini, kita harapkan dapat tertanam di diri anak sejak dia usia dini. Begitupun kebiasaan menjaga kebersihan ini diharapkan tidak hanya dilakukan mereka di lingkungan sekolah, tetapi juga di rumah dan semua tempat lainnya. Sehingga sekolah dan lingkungan akan selalu bersih,” papar Watania.

Ia menambahkan sekolah yang bersih dan sehat akan menjadi pendukung utama bagi anak-anak dalam belajar. “Dengan lingkungan yang bersih dan nyaman, akan membuat anak betah dan senang belajar. Sehingga harapan terakhir kita, hal ini akan mampu menjadi dukungan dalam hal pencetakan generasi muda calon penerus bangsa yang pintar dan berkualitas,” jelasnya.(Kifli).

Tinggalkan Balasan