Berbagai Manfaat Kesehatan apabila Mengkonsumsi Buah Nanas Secara Rutin

oleh -317 views

Penulis: Prof. Dr. Trina Tallei
Staf pengajar pada Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Manado, Infosulut.id – Nanas merupakan tumbuhan yang mudah tumbuh di daerah tropis. Buah nanas kaya akan vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan. Nanas dapat dimakan mentah dan dapat juga difermentasikan. Hasil fermentasi buah maupun kulit nanas akan menghasilkan minuman probiotik yang banyak manfaat bagi tubuh. Buah nanas dapat disajikan dalam bentuk jus segar. Satu gelas jus nanas setara dengan 82 kalori, 0,2 g lemak tanpa kolesterol, 2 mg sodium, 21.65 g karbohidrat total (termasuk 16 gr gula dan 2.3 g serat), serta 0.89 g protein. Selain itu, dalam 1 gelas jus nanas tersebut terdapat vitamin C (131%), vitamin A (2%), kalsium (2%), dan besi (3%). Nanas juga merupakan sumber penting mineral dan vitamin seperti tiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, panthothenic acid, magnesium, mangan, potassium, dan beta karoten. Buah nanas segar mengandung enzim bromelain yang memiliki banyak sekali manfaat dalam memelihara kesehatan. Berikut ini manfaat dalam mengkonsumsi nanas.


 

Buah nanas

Antivirus

Sagar dkk dari Eppley Institute for Research in Cancer and Allied Diseases, University of Nebraska Medical Center, Omaha, Nebraska, Amerika Serikat menemukan bahwa bromelain dari nanas mampu secara signifikan mengurangi infeksi SARS-CoV-2 dalam sel-sel VeroE6 secara in vitro di laboratorium. SARS-CoV2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2) merupakan virus yang menyebabkan COVID-19 (Coronavirus Disease 2019). Hasil penelitiannya telah dipublikasikan di bioRxiv (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7523097/). Prof. Dr. Trina Tallei dkk dari Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi, telah melakukan penelitian pemodelan menggunakan komputer mengenai potensi bromelain dalam menghambat pelekatan beberapa varian SARS-CoV-2 pada reseptor human Angiotengsin Converting Enzyme 2 (hACE2), dengan cara berikatan pada receptor-binding domain (RBD) dari SARS-CoV-2. Dengan demikian, secara hipotesis, bromelain mampu menghambat masuknya SARS-CoV-2 ke dalam sel manusia dan akan berdampak pada mencegah infeksi dan berkembangnya penyakit COVID-19. Hasil penelitian telah dipublikasikan pada jurnal Frontiers in Pharmacology (https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphar.2021.717757/full).  Bromelain juga telah dilaporkan memiliki aktivitas antivirus terhadap HIV (Human Immunodeficiency Virus), human papillomavirus penyebab kanker cerviks, dan virus penyebab hepatisis C.

Antiinflamasi dan Immunomodulator

Penelitian klinis maupun eksperimental menunjukkan bahwa bromelain memiliki aktivitas antiinflamasi. Bromelain bertindak sebagai agen modulator untuk sitokin. Bromelain mampu menstimulasi sitokin proinflamasi pada sistem imun yang sehat dalam respons terhadap stress seluler, dengan cara meningkatnya produksi sitokin proinflamasi seperti IL-1β, IL-6, interferon-γ (INT-γ)  dan TNF-α. Sebaliknya, bromelain mampu menghambat biosintesis sitokin proinflamasi tersebut dan juga prostaglandin dalam kondisi inflamasi yang diinduksi oleh produksi sitokin yang berlebihan. Bromelain juga memperlihatkan kemampuan untuk menurunkan aktivitas nuclear factor-kappa β (NF-κβ) secara signifikan. Bromelain mampu menekan inflamasi pada sistem pernapasan. Hal ini menunjukkan kemampuan bromelain sebagai imunomodulator, yaitu meregulasi sistem imun.

Aktivitas Analgesik

Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa bromelain memiliki aktivitas analgesic untuk pengobatan rasa sakit yang diakibatkan oleh artritis dan nyeri otot. Antioksidan yang ada pada nanas mampu meredakan enzim-enzim penyebabkan kondisi rasa sakit tersebut.

Selain manfaat yang telah dijelaskan di atas, buah nanas juga memiliki manfaat kesehatan lainnya antara lain memiliki aktivitas antibakteri, membantu pencernaan, mengurangi resiko kanker, mencegah asma, meregulasi tekanan darah, mencegah diabetes, serta meningkatkan fertilitas. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa buah nanas memiliki banyak manfaat. Buah tropis yang enak dikonsumsi dan murah harganya ini pada dasarnya merupakan sumber nutrisi yang memberikan efek kesehatan. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas setiap hari dengan takaran yang berimbang, kecuali bagi mereka yang alergi terhadap kandungan dari buah nanas ini.
 

Tinggalkan Balasan