Implementasi Link And Match, SMKN 3 Manado MoU Dengan Hotel Peninsula

oleh -269 views

Manado, infosulut.id – SMK Negeri 3 Manado gelar kegiatan Implementasi Link And Match pembuatan kerjasama dengan DUDI ( Dunia Usaha Dunia Industri ), Penyelarasan Kurikulum dan Pelaksanaan Pembelajaran di SMK Negeri 3 Manado dimulai sejak tanggal 13-17 Sebtember 2021.

SMKN 3 Manado yang telah menjadi SMK Pusat Keunggulan ini terus melakukan kreativitas, inovasi dan peningkatan Sumber Daya Manusianya untuk meningkatkan kapasitas guru dan pembelajaran siswa SMK. 

Kerjasama dengan kemitraan dan penyelarasan IDUKA (Industri, Dunia Kerja dan Dunia Usaha) salah satunya dengan Hotel Berbintang di Manado yakni Hotel Peninsula Manado.

Kerjasama ini diawali dengan MoU antara SMKN 3 Manado dan Hotel Peninsula Manado yakni melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama yang berlangaung di Aula SMKN 3 Manado dimana dari pihak Sekolah dipimpin langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMK Negeri 3 Manado, Dra Asyura Hulinggi dan Pihak Hotel Peninsula General Manager Hotel Peninsula, I Putu Anom Darmaya fan tim pendamping dari perguruan tinggi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada Sabtu (18/09).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMK Negeri 3 Manado, Dra Asyura Hulinggi menyampaikan, SMK Pusat Keunggulan akan mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan dunia usaha/industri dan menjadi pendukung kearifan/keunggulan lokal pada sektor pembangunan ekonomi tertentu atau mendukung kebijakan.

“MoU ini adalah bukti pihak IDUKA dan SMK saling bekerjasama untuk meningkatkan mutu pendidikan khusuanya para siswa lulusan SMK yang siap kerja,”jelas Kepsek Asyura.

Kata Kepsek, SMK Negeri 3 Manado merupakan salah satu SMK yang terpilih sebagai SMK pusat keunggulan di Sulut dimana Program kelahlian Perhotelan dipilih menjadi pusat keunggulannya.

“Banyak manfaat yang akan kami dapat disini yakni penguatan SDM, yaitu penguatan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru. Penguatan ini diberikan melalui program pelatihan dan pendampingan intensif untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja,” ungkapnya.

Sementara itu melalui GM Hotel Peninsula, I Putu Anom Darmaya kepada jurnalis pendidikan
menyampaikan, sangat berharap bahwa kemitraan ini dapat menjadi salah satu langkah penyelesaian tingginya angka pengangguran di Indonesia khususnya di Sulut.

” Dengan program bermitra yang semakin selaras, maka dapat menciptakan SDM yang lebih baik dan untuk mewujudkan semangat long life learning, tentunya dibutuhkan ekosistem yang mendukungnya. Oleh karena itu, bersama kita dukung program kemitraan dan penyelarasan ini, bersama percaya bahwa SMK bisa, SMK hebat untuk menciptakan ekosistem yang lebih baik,” jelasnya.

Katanya, Ini adalah impian mereka pihak IDUKA untuk mendapatkan siswa yang handal dan madiri yang berbasis kompetensi.

“Kami tidak menunggu kami hadir di SMK bahkan menjadi guru tamu untuk mengajar dan Kami siapkan para guru pengajar yang kompeten di industri serta para guru dari SMK juga ikut magang di industri agar bisa Link And Match,”katanya.

Lanjut I Putu, pihaknya sangat berkeinginan 100 persen orang daerah yang kerja di Hotelnya dan jangan ada lagi orang asing yang kerja.

“Para Siswa melakukan PKL di Industri adalah tempat dengan fasilitas sebagai laboratorium yang hidup dan nyata menghadapi tamu yang sesungguhnya,”katanya.

Ungkap I Putu, Kita tidak akan bisa hebat kalau tidak melatih diri dan tidak akan bisa kalau tidak melakukan terobosan dan perubahan..(Kifli).

Tinggalkan Balasan