Tim Penilai Lomba Kebersihan Dan Keindahan Sekolah Tingkat Provinsi Lakukan Penilaian Di SMA/SMK/SLB

oleh -1,065 views


Manado, Infosulut.id – Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut menggelar lomba kebersihan dan Keindahan Sekolah Tingkat SMA/SMK/SLB Se-Sulut dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75 Dan Provinsi Ke- 56 pada Tahun 2020 ini.

Lomba kebersihan antar sekolah tersebut sebelumnya sudah diinstruksikan oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE agar Dikda Sulut menggelar lomba kebersihan dalam rangka HUT RI dan Provinsi Sulut.

Maka sejak Senin 14 Sebtember kemarin, para Tim Penilai Lomba Kebersihan Dan Keindahan Sekolah Tingkat Provinsi Sulut kunjungi Sekolah SMA/SMK/SLB untuk melakukan penilaian kepada Sekokah yang juara 1 tingkat Kabupaten Kota yang dimulai sejak Senin 14 – 17 Sebtember 2020.

Para sekolah yang maju ke tingkat Provinsi dikarenakan mereka adalah yang terbaik atau juara 1 pada Lomba Kebersihan Dan Keindahan Sekolah tingkat Kabupaten Kota dibawah wilayah Cabang Dinas Pendidilan dengan kriterian lomba diatas 1 hektare dan diatas 1 hektare dengan memperebutkan piala Gubernur dan Wakil Gubernur serta Kadis Dikda Sulut.

Pada Rabu 16 Sebtember 2020 tadi, tim penilaian Lomba Kebersihan Dan Keindahan Sekolah Tingkat Provinsi Sulut dimulai pukul 08.00 Wita pagi tadi di SMA Negeri 9 Manado, SMK Negeri 1 Amurang Dan SMA Negeri 1 Motoling.

Pada Kamis (17/09) hari terakhir akan melakukan penilaian di Wilayah Bolmong Yakni SMKN 1 Mopuya dan SLBN Lolak serta di Bolmut yakni di SMAN 1 Bolangitang dan SMKN 1 Bolangitang.

Dalam pantauan media ini yang saat ikut bersama tim penilaian terlihat Sekolah – sekolah yang menjadi juara di Kabupaten Kota hampir semua sama bagus yakni layak menjadi para juara karena mulai dari pemanfaatan lahan baik penataan taman, membuat dapur hidup, penataan semua ruangan termasuk kelas, kebersihan halaman, kebersihan toilet dan lainya sangatlah ditata dan dijaga kebersihannya.

Para tim penilai melakukan penilaian di SMAN 9 Manado pada Rabu (16/09) pagi tadi yang diterima langsung Kepala Sekolah, Meidi Tungkagi bersama para guru – gurunya.


Penilaian dilanjutkan di SMKN 1 Amurang pada pukul 10.00 Wita dengan melihat langsung keindahan dan penataan Sekolah tersebut. Tim disambut langsung kacabdin Minsel-Mitra Drs max Lengkong bersama Kepala SMKN 1 Amurang, Telly Olivia Anthonia Ticoalu dan para guru – guru.


Penilaian berlanjut di SMA Negeri 1 Motoling pada pukul 13.00 Wita dimana Tim penilai melihat langsung kondisi sekolah dengan masuk keruangan dan halaman sekolah serta belakang sekolah dan toilet serta melihat dapur hidup yang ada di sekolah dan ruangan lainnya.

Para tim juga di SMAN 1 Motoling diterima langsung kacabdin Minsel-Mitra Drs max Lengkong bersama Kepala Sekolah, DR Jansye Timporok SPd dan para guru – guru.


Tim penilai dipimpin langsung oleh Syane Dondokambey yang juga Staf Khusus Gubernur Bidang Pendidikan.

Penilaian tersebut dimulai sejak Senin 14 – 17 Sebtember 2020 dari SMAN 3 Bitung, SMKN 1 Bitung, SMAN 1 Airmadidi, SMA Unklab Airmadidi, SMAN 1 Tomohon, SMK Kristen 1 Tomohon, SMAN 1 Tompaso, SMKN 1 Ratahan, SMAN 1 Ratahan, SMKN 1 Manado, SMAN 9 Manado, SMKN PP Kalasey, SMKN 1 Amurang, SMAN 1 Motoling, SMKN 1 Mopuya, SLBN Lolak, SMAN 1 Bolangitang dan SMKN 1 Bolangitang.

Memang saat itu Gubernur Olly menekankan agar digelar lomba kebersihan supaya tidak ada lagi lingkungan sekolah terlihat kotor dan tidak terawat sehingga berdampak pada kesehatan para siswa dan guru di Sekolah.

Dikatakan Olly bahwa dunia pendidikan harus menjadi contoh dalam menjaga kebersihan sehingga SDM yang dilahirkan benar – benar unggul dan hebat.

Tinggalkan Balasan