Sanggar Mogusato Milik SMKN 1 Kaidipang Mampu Kembangkan Minat Bakat Siswa

oleh -463 views


Bolmut – Infosulut.id – Dengan kepemimpinan Moh. Anshar Nusa, S.Pd, M.Si sebagai Kepala SMK Negeri 1 Kaidipang, dirinya mampu mendirikan sanggar seni dan budaya Mogusato di SMKN 1 Kaidipang.

“Ya kami dirikan Sanggar di SMKN 1 Kaidipang ini yang diketuai oleh Syahril Tunggil, S.Si,” Kata Kepsek Moh. Anshar Nusa kepada wartawan belum lama ini di Sekolahnya.

Kata Nusa, sanggar seni dan budaya Mogusato di SMKN 1 Kaidipang ada 20-an Siswa yang belajar disini dan latihan digelar setiap minggu ada 3 kali pertemuan.

“Walaupun dimasa pandemi Covid -19 tetap kami melakukan latihan dengan mengikuti protokol kesehatan baik pakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk sekolah,” Jelas Nusa.

Dijelaskan Nusa, Mereka belajar aneka tarian tradisional maupun tari-tari kreasi modern.

“Banyak Siswa disini berbakat bidang seni maka kami bentuk Sanggar untuk menampung bakat dan minat siswa,” Katanya.

Lanjut Nusa, Seni dan Budaya Indonesia harus terus dikembangkan, apalagi kebudayaan Indonesia mendapat gempuran budaya-budaya global.

“Semakin banyak orang yang gemar menari, seni tari khususnya tari tradisional akan terpelihara dari kepunahan,” Jelas Kepsek Nusa.

Lanjut Nusa, pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK pada tahun 2020 untuk tingkat provinsi dan nasional akan diselenggarakan secara daring (online) terkait dengan kondisi pandemi Covid-19.

Sementara di SMK Negeri 1 Kaidipang ada 2 lomba yang mewakili Bolmut ke Tingkat Provinsi yakni Tari Kreasi Dan Vokal Solo Putri.

“Sangat bersyukur ada siswa dari sekolah ini yang ikut ke ajang FLS2N tingkat Provinsi dan terus kami latih di sanggar ini dan berharap bisa lolos ke Tingkat Nasional,” Kata Anshar.

Dijelaskannya, pada tahun lalu ada juga Siswanya yang lolos ke FLS2N tingkat Nasional dan semoga Tahun ini bisa lolos walaupun diselenggarakan secara daring yang dinilai melalui Video.

Tinggalkan Balasan