Puluhan Siswa Peserta LDKS SMKS Kristen 2 Tomohon Senang Belajar Jurnalistik dan Menangkal Hoaks

oleh -29 views

Tomohon, Infosulut.id – Puluhan siswa SMKS Kristen 2 Tomohon, Selasa (3/10/2023), mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Di hari kedua LDKS itu, salah satu materi yang diterima peserta adalah terkait Jurnalistik dan Menangkal Hoaks.

Kepala SMKS Kristen 2 Tomohon Drs Novrie Sumampouw dalam sambutannya mengatakan, LDKS digelar selama 2 hari dengan memberikan sejumlah materi terkait kepemimpinan dan pengetahuan umum. Harapannya agar siswa mampu untuk melatih diri menjadi seorang pemimpin.

“Ada 50 siswa yang dipilih ikut LDKS ini. Diharapkan, melalui kegiatan ini akan menyiapkan diri menjadi pemimpin. Selain itu juga mampu mengimbas pengetahuan dan pengalaman saat LDKS ini kepada siswa lainnya,” papar dia.

Terkait materi Jurnalistik dan Menangkal Hoaks, Novrie Sumampouw, itu terkait dengan bagaimana siswa mempunyai pengetahuan terkait informasi yang benar, juga memiliki kemampuan literasi serta ketrampilan dasar jurnalistik.

“Di era informasi dan teknologi digital ini, pengetahuan dan ketrampilan akan jurnalistik penting untuk memilah informasi serta mampu menggunakan berbagai media sosial dengan baik,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi pertama tentang Pengantar Pers dan Jurnalistik disampaikan oleh tim dari Jurnalis Pendidikan Sulut (JPS), Yoseph E Ikanubun. Dilanjutkan dengan materi kedua yaitu Mengidentifikasi dan Menangkal Hoaks.

Sesi berikutnya yakni Tekhnik Reportase dan Wawancara disampaikan oleh Redpel Barta1.com Ady Putong, dan dilanjutkan dengan Menulis Konten Berita.

Pada bagian akhir, para siswa diberi kesempatan untuk menulis sebuah berita pendek terkait dengan kegiatan LDKS SMKS Kristen 2 Tomohon. (Kifli).