Komunitas Belajar Antar Sekolah di Bitung Siap Bantu Tingkatkan Mutu Pendidikan

oleh -41 views

Bitung, Infosulut.id – Akhirnya di Bitung memiliki komunitas belajar antar sekolah tingkat SMA baik negeri maupun sawasta.

Komunitas belajar antar sekolah ini merupakan sebagai wahana silaturahmi para anggotanya. Dengan adanya silaturahmi yang baik, maka diharapkan kolaborasi seluruh guru/ pendidik, tenaga kependidikan, serta pihak lain yang menjadi anggotanya bisa terwujud dengan baik

Ronny Bawatong Kepala SMA Swasta Kristen Tumou Tou Girian yang merupakan penggagas dan pendiri komunitas belajar antar sekolah di Bitung ini sangat berharap agar komunitas ini bisa menghasilkan jalan keluar untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sulut khususnya di Kota Bitung.

“Komunitas belajar antar sekolah menjadi salah satu workstream yang strategi yang mendukung implementasi kurikulum merdeka. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru, tenaga kependidikan, dan pendidik lainnya,” Kata Ronny Bawotong Senin (04/03/2024).

Ia menjelaskan, komunitas belajar antar sekolah adalah sekelompok guru, tenaga kependidikan, dan pendidik lainnya yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara terus menerus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak baik pada hasil belajar peserta didik.

Selain memfasilitasi belajar bersama, Bawotong mengatakan komunitas belajar antar sekolah juga memfasilitasi kolaborasi untuk pengembangan perangkat ajar.

“Komunitas belajar antar sekolah juga akan menumbuhkan kepercayaan diri bagi anggota untuk berpartisipasi aktif di dalam komunitas. Anggota pun dapat menerapkan hasil belajar yang diperoleh dari komunitas pada pekerjaan sehari-hari,” katanya.

Selanjutnya, ia mengatakan setiap anggota dapat saling berbagi pengalaman menjalankan praktik baik dalam belajar dan mengajar. Setelah itu, semua anggota berdiskusi untuk merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan.

“Kami saat ini ada sudah ada 7 SMA yang bergabung yaitu SMA Kristen Bitung, SMA Muhamadiyah Bitung, SMA Elsadai Bitung, SMA Advend Bitung, SMA Kristen Aertembaga Bitung, SMAN 4 Bitung dan inisiator SMAS Kristen Tumoo Tou Girian,”katanya.

Lanjut dia, ini dibentuk juga untuk mengatasi kesulitan belajar di kelas.

“Kami sekarang sudah adakan pertemuan ketiga dan Pertemuan pertama kami laksanakan pada awal Januari lalu di SMAS Kristen Tumou Tou Girian dan Pertemuan kedua di SMAN 4 Bitung dan pertemuan ketiga dilaksanakan secara daring pada rabu 13 maret 2024,”ungkap Bawotong.

Lanjut Bawotong, sudah menyurat di Kantor Dikda Sulut agar Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut, DR Femmy Suluh bisa membuka kegiatan berikutnya dan kami juga mengundang Kepala Balai Guru Penggerak, Ariyanto batara,M.AP.(Kifli).