Unjuk Keahlian Puluhan Siswa Kelas 11 SMKN 8 Manado Saat PKL di DuDi

oleh -79 views

Manado, Infosulut.id – Sebanyak 83 Siswa kelas 11 di SMK Negeri 8 Manado telah terjun Praktek Kerja Lapangan (PKL) sejak akhir Januari lalu.

Kepala SMKN 8 Manado, Sonny Seon MPd saat ditemui media Infosulut.id menyampaikan, sebelum mereka terjun PKL sudah diberikan pembekalan terlebih dulu.

“Ada 83 siswa yang tersebar di dua program keahlian yakni 47 Siswa dari Teknik Komputer dan Jaringan dan 36 Siswa dari Otomotif,”ungkap Seon.

Kata dia, mereka akan ikut PKL selama 3 bulan yang dimulai pada akhir Januari dan akan berakhir pada awal April nanti.

“PKL mengacu pada Permendikbud no 20 tahun 2020 dimana siswa mengembangkan budaya karakter dan budaya kerja serta meningkatkan kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja dan dunia industri,”jelas Kepsek.

Dia pun menambahkan, para siswa yang PKL sudah tahu apa yang akan dilakukan karena mereka telah dilengkapi diri dengan keahlian yang didapat di Sekolah.

“Memang tujuan dari PKL ini adalah menyiapkan kemandirian peserta didik dan berwira usaha,”kata dia.

Lanjutnya, tujuan khusus dimana para siswa akan merasakan bekerja di DuDi agar supaya ketika lulus bisa beradaptasi dengan DuDi karena sudah ada penggalaman dan mereka akan mendapatkan ilmu yang tidak ada di Sekolah.

“Para siswa juga akan membentuk sikap kerja di DuDi dimana aturan harus menyesuaikan dengan yang ada di industri,”ungkapnya.(Kifli).