Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Sulut Dan Forkopimda Lakukan Patroli Pengawasan

oleh -25 views

Manado, Infosulut.id – Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara menggelar patroli pengawasan logistik H-1 dan pemungutan, perhitungan surat suara pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

Sebelumnya Bawaslu Sulut menggelar zomeeting, Selasa, malam (13/02/2024). Guna pengawasan logistik di setiap Kecamatan yang berada di Sulut dan Ada 171 Kecamatan yang di pantau langsung oleh Bawaslu.

Kemudian dilanjutkan dengan patroli pemungutan dan perhitungan surat suara, Rabu (14/02/2024), melibatkan jajaran dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA). POLRI Hingga TNI.

Dalam pengawasan tersebut ada beberapa titik yang di kunjungi oleh Bawaslu dan Forkopimda, adapun titik yang dikunjungi yakni ; Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di Manado, kota Tomohon, Bitung, Hingga Minahasa.

Dalam kesempatan tersebut di pantau langsung oleh pimpinan Bawaslu Republik Indonesia RI, Dr. Herwyn J. h. Malonda, M.pd., M.h yang boleh hadir bersama dalam pemantauan langsung bersama Bawaslu Sulut dan Forkopimda.

Malonda mengatakan bahwa, ini suatu rasa syukur karena boleh di pertemukan di pemilihan umum yang notabennya adalah 5 tahun sekali.

“Dengan berbagai macam kendala namun kegiatan ini bisa dilakukan dengan baik, kami sudah jalan tadi dan bertemu dengan rombongan Kapolda dan Danrem, itu di Tondano, dan kita melihat ada beberapa TPS yang perlu ada perhatian bersama,” ujar herwyn Malonda

Lanjut herwyn, bahwah mereka sebagai penyelenggara pemilu sudah melakukan upaya secara maksimal, bersama dengan pihak keamanan untuk mensukseskan pemilu tahun 2024.

“Sementara ini saya juga sedang melakukan pengawasan di London, yang sementara viral di sosial media, hanya 1 orang yang melakukan sehingga menjadi viral, kita sudah melaksanakan pemilu saat ini, sebagai bentuk suatu rangkaian pemilu serentak di tahun 2024 ” katanya.

Kembali dia mengatakan, bahwa pemilu serentak ini baru dilakukan dua kali, dan pertama kali pemilu dilaksanakan serentak yakni pada tahun 2019 .

“Pemilu legislatif di gabung, disertakan dengan pemilihan umum presiden, mudah-mudahan hasilnya akan membawah kita kepada hasil yang lebih baik, siapapun yang terpilih nanti diharapkan bisa membawah amanah bagi kita semua,” jelas pimpinan Bawaslu RI tersebut.

Tutup herwyn, kiranya pemilihan tahun ini bisa berjalan dengan baik sampai akhirnya tiba di proses penetapan hasil pemilu.

Peliput : Candle
Editor : Julkifli