Siswa SMA Lentera Harapan Tomohon Wakili Indonesia dalam Event AYIMUN di Malaysia

oleh -66 views

Caption: Marlon Julius Pati Mawei, siswa Kelas X SMA Lentera Harapan Tomohon.

Tomohon, Infosulut.id – Siswa Kelas X SMA Lentera Harapan Tomohon atas nama Marlon Julius Pati Mawei,
menjadi wakil Indonesia di ajang Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN) ke-13 di Malaysia.

Dketahui, event AYIMUN akan digelar di Kuala Lumpur. Malaysia pada 26-29 Januari 2024. Tema AYIMUN ke-13 tahun 2024 adalah “Strengthening Collaborative Action Plan for The Sustainable Development Goals.”

Diketahui, AYIMUN merupakan model simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bagi mahasiswa dan siswa SMA/MA yang diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan bagaimana PBB bekerja.

“Ini event internasional, doakan semoga Marlon Julius Pati Mawei bisa memberikan yang terbaik,” ujar Fanny Mawey, ayah Marlon Julius Pati Mawei, Minggu (21/1/2024).

Diketahui, AYIMUN ke-13 mengangkat enam isu internasional yaitu UNICEF (United Nations Children’s Fund), UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), WHO (World Health Organizations), INTERPOL (International Criminal Police Organization), IMF (International Monetary Fund), dan UNDRR (United Nations for Disaster Risk Reduction).

Dia mengatakan, Marlon bergabung dengan delegasi dari berbagai negara, tidak hanya dari Asia saja tetapi juga berbagai negara dari belahan benua lain seperti Amerika serikat, Uzbekistan, Afrika Selatan, Mexico, Sudan dan lainnya.

Sementara itu, Marlon mengatakan, tujuan dari konferensi itu adalah untuk memberikan kesempatan kepada setiap peserta agar mampu dan berani berbicara, memberikan gagasan dan ide.

“Termasuk solusi dalam suatu permasalahan dalam kancah Internasional,” ujar Marlon.

Pada awal Desember 2023 ini, setidaknya ada 11.403 pelamar dari berbagai negara memperebutkan 500 kuota delegasi yang akan dipilih. Calon peserta harus menjawab banyak pertanyaan dari pihak penyelenggara secara online, serta menyakinkan kepada pihak penyelenggara AYIMUN ke-13, layak menjadi salah satu delegasi.
Marlon menerima pengumuman hasil seleksi via email pada tanggal 24 November 2023 lalu. Konferensi Ayimun ke-13 memberikan kesempatan kepada para delegasi untuk mengkritisi dan mendorong perubahan dalam penanganan masalah internasional.

Para siswa delegasi terpilih berperan sebagai diplomat yang berpartisipasi dalam diskusi global, menyusun resolusi, dan mengembangkan solusi kreatif untuk mengatasi masalah ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan masalah global lainnya. (Kifli)

Profil Marlon Julius Pati Mawei :
1. Wakil Bendahara Forum Anak Kota Tomohon
2. Pengurus OSIS SMA Lentera Harapan Tomohon
3. Organis di Paroki Maria Ratu Damai Tomohon
4. Misdinar Paroki Maria Ratu Damai Tomohon
5. Tim Basket SMP Lentera Harapan Tomohon
6. Hobi: Membaca, main basket, menulis
7. Motto: Jangan Tanyakan Apa yang Negara Berikan Kepadamu, Tapi Tanyakan Apa yang Kamu Berikan Kepada Negara.