Dandim Manado, Resimen Mahasiswa Guna Bentuk Karakter Dan Bela Negara

oleh -10 views

Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) menjadi Inspektur Upacara di Makodim Manado,  Sabtu (16/12/2023).(Foto:ist).

Manado, Infosulut.id – Melalui kegiatan Pembinaan Teritorial dan pengembangan Wawasan kebangsaan di wilayah Kodim 1309/Manado, Komandan Kodim (Dandim) 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) menjadi Inspektur Upacara yang digelar di Makodim 1309/Manado, Kelurahan Winangun Dua, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sabtu (16/12/2023).

“Batalyon 174/Politeknik Negeri Manado atau Resimen Mahasiswa (Menwa) menaruh perhatian terhadap upaya generasi muda dalam pembentukan karakter dan bela negara sehingga turut memberikan kontribusi dalam menumbuh kembangkan cita-cita perjuangan demi kepentingan bangsa dan negara,” ujar Dandim 1309/Manado membacakan sambutannya.

Lebih lanjut Dandim mengatakan bahwa Resimen Mahasiswa disingkat Menwa adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan sistem pertahanan dan kemananan rakyat semesta (SisHanKamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang telah menempuh pelatihan dasar Militer.

“Nantinya para Mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembinaan Teritorial melalui pengembangan wawasan kebangsaan akan membentuk sikap dan kepribadian para peserta sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya sebagai mahasiswa,” ungkap Dandim.

Dandim menambahkan hendaknya kegiatan ini memberikan sumbangan yang berarti dalam peningkatan kualitas Sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Menwa sehingga lebih termotivasi dan berdisiplin tinggi dalam menghadapi tugas dan tanggungjawabnya.

Kegiatan teritorial melalui pengembangan wawasan kebangsaan ini juga sebagai wahana yang sangat baik, guna meningkatkan sikap hormat menghormati dan terciptanya generasi muda yang jujur, tangguh, mandiri dan pekerja keras sehingga dapat meningkatkan rasa Nasionalisme, bela negara, cinta tanah air serta rasa persatuan dan kesatuan yang merupakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia,” ujar Kolonel Inf Himawan Teddy.

Diakhir sambutannya Dandim berharap agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk menambah bekal pengetahuan dan wawasan bagi kehidupan dimasa yang akan datang, sehingga peserta Menwa akan menjadi bagian dalam mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ikutilah kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan meresapi nilai-nilai positif pada kegiatan ini, agar kalian mampu menjadi generasi muda yang dapat diharapkan dan dibanggakan oleh negara dan bangsa,” pungkasnya.(Kifli).